EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 di SMPN 12 KOTA BENGKULU

Junisa, Yora (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 di SMPN 12 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
1811210046 YORA Junisa.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTARAK YORA JUNISA NIM. 1811210046. Judul “Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMPN 12 Kota Bengkulu”. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu. Pembimbing: 1. Dr. Edi Ansyah, M.Pd, 2. Bakhrul Ulum, M.Pd.I Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19. Pelaksaanaan Pembelajaran di masa pandemi belum sepenuhnya berjalan dengan baik, diantaranya sebagaian dari siswa belum memiliki fasilitas seperti hp android. Masih kurangnya kesadaran dan kesiapan siswa, kurangnya pengawasan dari orang tua pada saat proses pembelajaran serta masih perlu memperbaiki sistem pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Pembelajara Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi covid-19 di SMPN 12 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriftip kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukan Efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa Pandemi Covid-19 di SMPN 12 Kota Bengkulu. Dilihat dari tiga kriteria ukuran efektivitas menurut teori Slavin yaitu: 1. Kesesuaian tingkat pengajaran yang tepat dapat dilihat berdasarkan kesiapan belajar siswa dari kondisi fisik, mental dan emosional. 2. Insentif. Seberapa besar guru dalam memotivasi siswa untuk mengerjakan tugas dan mempelajari materi yang diberikan. 3. Waktu. Apabila siswa dapat menyelesaikan tugas dari guru sesuai dengan alokasi waktu yang ditentukan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAnsyah, Edi197007011999031002UNSPECIFIED
Thesis advisorUlum, Bakhrul2007058002UNSPECIFIED
Additional Information: Dr Hery Noer Aly Pembing I dan Bakhrul Ulum, M.Pd Pembing II
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:53
Last Modified: 08 Jun 2023 03:53
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item View Item