PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) PADA MATA PELAJARAN FIQIH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII MTS AL-IKHLAS TANJUNG SAKTI PUMI

Mayang Sari, Dela (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) PADA MATA PELAJARAN FIQIH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII MTS AL-IKHLAS TANJUNG SAKTI PUMI. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI DELA MAYANG SARI _1911210158.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Pada Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas VII MTS Al-Ikhlas Tanjung Sakti Pumi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah kelas VII 4 sebagai kelas eksperimen dan VII 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan Observasi (Pengamatan Awal), Tes (Pre test dan Post test), dan dokumenntasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah Uji normalitas data, Uji Homogenitas data, dan Uji Hipotesis penelitian. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa Terdapat Pengaruh model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada pelajaran Fiqih terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTS Al-Ikhlas Tanjung Sakti Pumi. Hasil penelitian ini juga menjelaskan pentingnya model pembelajaran yang menarik, agar memberikan semangat belajar bagi siswa, sehingga membuat hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini juga menjelaskan pentingnya memberikan perlakuan kepada siswa sesuai dengan kemampuanya, dengan kita memberikan perlakuan sesuai dengan kemampuan siswa maka siswa akan lebih mudah dan senang untuk belajar, bukan serta merta memperlakukan semua siswa dengan perlakuan yang sama, karena setiap siswa mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Setelah dilakukan penelitian, peneliti menemukan hasil dengan kesimpulan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen (62,50) dan kelas kontrol (61,501) hanya berbeda 2 angka lebih unggul kelas kontrol. Dan hasil post-test kelas eksperimen (82.50) dan kelas kontrol (69,83) dengan kesimpulan nilai rata-rata nilai rata-rata hasil belajar fiqih siswa kelas eksperimen lebih unggul 12,67 angka dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZulkarnain, Zulkarnain196000521987051001UNSPECIFIED
Thesis advisorGlvarsi, Giyarsi199108222019032006UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Prof. Dr. H. Zulkarnain S, M.Ag Pembimbing II: Giyarsi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Aptitude Treatmen Interaction (ATI) Pelajaran Fiqih, Hasil Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 05 Sep 2023 04:04
Last Modified: 05 Sep 2023 04:04
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1344

Actions (login required)

View Item View Item