PENGARUH BAHAN AJAR IPA BERBASIS PhET TERHADAP KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWA DITINJAU DARI GENDER DI SMPN 5 KOTA BENGKULU

ASTRIANA, MIRLI (2023) PENGARUH BAHAN AJAR IPA BERBASIS PhET TERHADAP KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWA DITINJAU DARI GENDER DI SMPN 5 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
DEPAN.pdf

Download (866kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB I.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB II.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
PENGARUH BAHAN AJAR IPA BERBASIS PhET TERHADAP KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWA DITINJAU DARI G.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media bahan ajar IPA berbasis PhET terhadap keterampilan literasi sains siswa ditinjau dari gender di SMPN 5 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 5 Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi (pengamatan awal), tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji anova, serta untuk gender dengan membandingkan rata-rata nilai siswa laki-laki dan siswa perempuan. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari soal pre-test dan soal post-test yaang disusun berdasarkan indikator literasi sains yang berjumlah 20 soal. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan uji anova dengan bantuan SPSS 26. Hasil uji statistik dengan bantuan SPSS versi 26 menunjukkan nilai Sig. 0,003 < 0,05. Berdasarkan kriteria uji anova yang ditetapkan maka Ho ditolak Ha diterima, disimpulkan bahwa media bahan ajar IPA berbasis PhET berpengaruh terhadap keterampilan literasi sains siswa dan untuk gender siswa perempuan memiliki nilai rata-rata keterampilan literasi sains yang lebih tinggi daripada nilai rata-rata siswa laki-laki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSukarno, Sukarno19610205200031002UNSPECIFIED
Thesis advisorWalid, Ahmad20011059100UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Drs. Sukarno, M. Pd pembimbing II:Dr. Ahmad Walid, M. Pd
Uncontrolled Keywords: PhET, Literasi Sains, Gender
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Tri Winda Astuti
Date Deposited: 05 Sep 2023 08:16
Last Modified: 05 Sep 2023 08:16
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1378

Actions (login required)

View Item View Item