PENGARUH PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH PANCASILA KOTA BENGKULU

Perdana, Gilang (2023) PENGARUH PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH PANCASILA KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
GILANG PERDANA _ 1811210246.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi Pengaruh Penanaman Nilai-Nilai Akhak dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa kelas X Di Madrasah Aliyah Pancasila Kota Bengkulu. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan kuantitatif, Dari rumusan masalah tersebut, tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter dapat mempengaruhi akhlak mulia. Membangun karakter dan watak bangsa melalui pendidikan mutlak diperlukan, bahkan tidak bisa ditunda. Pendidikan karakter dapat berjalan efektif dan berhasil apabila dilakukan secara integral dimulai dari lingkungan rumah tangga, sekolah dan masyarakat. Karakter yang harus ditanamkan kepada peserta didik di antaranya adalah; cinta kepada Allah dan alam semesta beserta isinya, tanggung jawab, disiplin dan mandiri, jujur, hormat dan santun, kasih sayang, peduli, dan kerja sama, percaya diri, kreatif, kerja keras dan pantang menyerah, keadilan dan kepemimpinan, baik dan rendah hati, dan toleransi, cinta damai dan persatuan. Sedangkan akhlak adalah keseluruhan kebiasaan manusia yang berasal dalam diri yang di dorong keinginan secara sadar dan dicerminkan dalam perbuatan yang baik. Berdasarkan tabel uji t diuraikan bahwa nilai sig. Nilai-nilai akhlak (X) adalah 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka dapat didinyatakan bahwa hipotesis diterima (Ha) diterima, artinya nilai-nilai akhlak berpengaruh signifikan atau berpengaruh positif terhadap pembentukan karakter siswa Madrasah Aliyah Pancasila Bengkulu. Berdasarkan data yang telah diketahui bahwa nilai Adjusted R Squer adalah sebesar 0,76 atau 76 %, hal ini menunjukkan bahwa 76 % pembentukan karakter siswa Madrasah Aliyah Pancasila Kota Bengkulu dipengaruhi oleh variabel penenaman nilai-nilai akhlak. Dan 24 % dipengaruhi oleh faktor lainnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNurlaili, Nurlaili197507022000032002UNSPECIFIED
Thesis advisorAryati, Azizah197212122005012007UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Nurlaili, M.Pd.I, Pembimbing II: Azizah Aryati, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Penanaman Nilai-nilai Akhlak, Pembentukan Karakter
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:19
Last Modified: 06 Sep 2023 01:19
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1394

Actions (login required)

View Item View Item