PENGEMBANGAN MODEL ANDRAGOGI UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI JAMAAH MAJELIS TAKLIM DI MASJID NURUL ISLAM DESA SUKA NANTI KECAMATAN KEDURANG

Ningsi, Rike Yulia (2023) PENGEMBANGAN MODEL ANDRAGOGI UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI JAMAAH MAJELIS TAKLIM DI MASJID NURUL ISLAM DESA SUKA NANTI KECAMATAN KEDURANG. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
1811210088 FTT PAI RIKE YULIA NINGSI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu model andragogi untuk meningkatkan partisipasi Jama‟ah Majelis Taklim di Masjid Nurul Islam Desa Suka Nanti Kecamatan Kedurang. Penerapan prinsip-prinsip andragogi dalam tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran membantu jamaah Majelis Taklim mendapatkan hasil maksimal dalam pembelajaran yang ditunjukkan dengan meningkatnya partisipasi jamaah serta nilai kognitif, afektif dan psikomotorik yang cukup bagus. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development ( R&D) yang terdiri dari 8 langkah, yaitu meliputi: Potensi Dan Masalah, Perencanaan Produk, Pengembangan Produk Awal, Validasi Ahli, Revisi Ahli, Uji Coba Produk, Revisi Produk dan Produk Akhir. Subjek uji coba dalam penelitian dan pengembangan ini adalah subjek ahli, yaitu ahli media, ahli materi dan ahli bahasa, serta subjek jama‟ah Majelis Taklim di Masjid Nurul Islam Desa Suka Nanti Kecamatan Kedurang sebagai pengguna produk. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kelayakan andragogi oleh tiga ahli validator yaitu ahli media, ahli materi dan ahli bahasa yang dikembangkan pada aspek media sebanyak 93%, aspek materi sebesar 90%, dan aspek bahasa 92,5%, secara keseluruhan sangat layak dengan rata-rata sebesar 91%. Hal ini menunjukkan bahwa model andragogi untuk meningkatkan partisipasi jama‟ah dinyatakan sangat layak digunakan dalam meningkatkan partisipasi jama‟ah. Kata kunci: Pengembangan, Andragogi, Partisipasi Jama‟ah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMulyadi, Mus197005142000031004UNSPECIFIED
Thesis advisorAlimni, M.Pd197504102007102000UNSPECIFIED
Additional Information: Dr. Mus Mulyadi ,M.Pd Pembimbing 1 Alimni M.Pd Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Tujuan dari penelitian ini yaitu model andragogi untuk meningkatkan partisipasi Jama‟ah Majelis Taklim di Masjid Nurul Islam Desa Suka Nanti Kecamatan Kedurang. Penerapan prinsip-prinsip andragogi dalam tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran membantu jamaah Majelis Taklim mendapatkan hasil maksimal dalam pembelajaran yang ditunjukkan dengan meningkatnya partisipasi jamaah serta nilai kognitif, afektif dan psikomotorik yang cukup bagus. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development ( R&D) yang terdiri dari 8 langkah, yaitu meliputi: Potensi Dan Masalah, Perencanaan Produk, Pengembangan Produk Awal, Validasi Ahli, Revisi Ahli, Uji Coba Produk, Revisi Produk dan Produk Akhir. Subjek uji coba dalam penelitian dan pengembangan ini adalah subjek ahli, yaitu ahli media, ahli materi dan ahli bahasa, serta subjek jama‟ah Majelis Taklim di Masjid Nurul Islam Desa Suka Nanti Kecamatan Kedurang sebagai pengguna produk. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kelayakan andragogi oleh tiga ahli validator yaitu ahli media, ahli materi dan ahli bahasa yang dikembangkan pada aspek media sebanyak 93%, aspek materi sebesar 90%, dan aspek bahasa 92,5%, secara keseluruhan sangat layak dengan rata-rata sebesar 91%. Hal ini menunjukkan bahwa model andragogi untuk meningkatkan partisipasi jama‟ah dinyatakan sangat layak digunakan dalam meningkatkan partisipasi jama‟ah. Kata kunci: Pengembangan, Andragogi, Partisipasi Jama‟ah
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:54
Last Modified: 08 Jun 2023 07:54
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item View Item