Agustina, Yola
(2023)
MPLEMENTASI METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI PAUD PKK DESA KARANG
AGUNG KECAMATAN TANJUNG SAKTI PUMU
KABUPATEN LAHAT SUMATERA SELATAN.
Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Abstract
Upaya membangun karakter dirancang dan dilaksanakan
secara sistematis untuk membantu anak memahami nilai-nilai
perilaku manusia yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan,
perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma dalam
kehidupan sehari-hari.Melalui kegiatan bermain peran yang
disusun sedemikian rupa agar menyenangkan serta membentuk
karakter anak, sehingga anak tertarik untuk mengikuti kegiatan
tersebut. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan
1) untuk mengetahui implementasi metode bermain peran dalam
menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dinidi PAUD
PKK Desa Karang Agung Kecamatan Tanjung Sakti Pumu
Kabupaten Lahat Sumatera Selatan dan 2) untuk mengetahui
faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode
bermain peran dalam menanamkan pendidikan karakter pada
anak usia dinidi PAUD PKK Desa Karang Agung Kecamatan
Tanjung Sakti Pumu Kabupaten Lahat Sumatera Selatan. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif.Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data dengan
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.Uji keabsahan data
dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa perkembangan menanamkan pendidikan
karakter pada anak usia dini di PAUD PKK Desa karang Agung
secara umum sudah berkembang dengan baik, namun secara
khusus masih ada anak yang perlu di bimbing dan di monitor
dalam tahap perkembangan pendidikan karakter pada anak.
Karakter yang di tanamkan dalam metode bermain peran
meliputi: kejujuran,kedisiplinan,toleransi,dan kemandirian.
Dalam mengembangkan tahap pendidikan karakter pada anak dapat di laksanakan melalui keterampilan berkomunikasi anak
melalui tulisan ataupun lisan, sebagai cara untuk
mengekspresikan perasaan, gagasan atau pkirannya. Maka
sebaiknya kepada anak di latih untuk membuat karangan atau
tulisan tentang berbagai hal yang terkait dengan pengalaman
hidupnya sendiri. Yaitu faktor pendukung meliputi guru, dan
orang tua. Sedangkan pada faktor penghambatnya adalah orang
tua, lingkungan,dan diri sendiri.
Actions (login required)
|
View Item |