MANAJEMEN PROMOSI PROGRAM ZAKAT, INFAQ, DAN SEDEKAH MELALUI BROADCAST WHATSAPP (Studi di LAZNAS IZI Cabang Bengkulu)

Okta Viani, Astri (2023) MANAJEMEN PROMOSI PROGRAM ZAKAT, INFAQ, DAN SEDEKAH MELALUI BROADCAST WHATSAPP (Studi di LAZNAS IZI Cabang Bengkulu). Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
1911330061 FUAD MD Astri Okta Viani.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang manajemen promosi program zakat, infaq, dan sedekah melalui broadcast whatsaap yang ada di LAZNAS IZI Cabang Bengkulu. Saat ini dunia memasuki era digital dimana manusia banyak menghabiskan waktunya dengan digital. Melihat besarnya potensi digital di Indonesia LAZNAS IZI Cabang Bengkulu memanfaatkan promosi secara digital tidak secara kovensional yaitu promosi program zakat, infaq, dan sedekah melalui broadcast whatsapp. Adanya pemanfaatan promosi secara digital menuntut sistem manajemen yang baik pada suatu lembaga. Penelitian ini fokus menjelaskan bagaimana manajemen promosi program zakat, infaq, dan sedekah melalui broadcast whatsapp dan juga bagaimana faktor pendukung promosi dengan mengangkat LAZNAS IZI Cabang Bengkulu sebagai kasus. Untuk mengungkapkan tujuan tersebut, Jenis penelitian yang digunakan yaitu field research (penelitian lapangan). Penelitian ini menitik beratkan pada hasil pengumpulan data dari informan yang telah ditentukan. Peneliti menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mendapatkan berbagai jenis data. Data yang diperoleh ditranskip kemudian dicoding hingga tematisasi. Setiap data telah diuji keabsahannya menggunakan teknik triangulasi. Penelitian ini menemukan manajemen promosi program zakat, infaq, dan sedekah melalui broadcast whatsapp yang ada pada LAZNAS IZI Cabang Bengkulu dimulai dari tahapan perencanaan melalui rapat seluruh pengurus dan membahas promosi program yang akan ditawarkan, mencari data tentang program yang akan ditawarkan, menyusun script dari data yang diperoleh, menentukan waktu pelaksanaan, dan mempersiapkan provider yang perlukan. Tahapan selanjutnya yaitu pelaksanaan promosi, karyawan menjalankan promosi program zakat, infaq, dan sedekah melalui broadcast whatsapp sesuai dengan perencanaan. Tahapan terakhir yaitu pengawasan dan evaluasi pengawasan dilakukan saat pelaksanaan promosi untuk mengkoreksi kesalahan dan evaluasi dilakukan diakhir pelaksanaan melalui diskusi karyawan dan laporan individu karyawan. Faktor pendukung promosi yaitu narasi pesan dan manajemen promosi yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorRamdhani, Rahmat198306122009121006UNSPECIFIED
Thesis advisorMentari, Gaya199108142019032016UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Rahmat Ramdhani, M.Sos.I Pembimbing II : Gaya Mentari, MA
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Promosi, dan Broadcast Whatsapp
Subjects: Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Arlan Fairuz
Date Deposited: 21 Sep 2023 08:06
Last Modified: 21 Sep 2023 08:06
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1778

Actions (login required)

View Item View Item