ANALISIS KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA CALON GURU TADRIS IPA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI FATMAWATI SUKARNO BENGKULU PADA PEMBELAJARAN IPA SMP

UTAMI, SISI MULIA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA CALON GURU TADRIS IPA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI FATMAWATI SUKARNO BENGKULU PADA PEMBELAJARAN IPA SMP. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
SISI MULIA UTAMI _1911260003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) merupakan kemampuan dan pemahaman guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi, cara mengajar atau pedagogi, dan materi ajar yang harus dikuasai oleh seorang guru terutama dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Tadris IPA Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu Pada Pembelajaran IPA SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Mixed Methods yang menggabungkan antara metode kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling pada mahasiswa Tadris IPA Angkatan 2019 dengan kriteria yang telah mengikuti mata kuliah magang 3 sebanyak 62 mahasiswa. Instrumen yang digunakan berupa angket dan wawancara yang sudah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Alam pada komponen Technological Knowledge baik dengan persentase (80,9%), Pedagogical Knowledge baik dengan persentase (78,9%), Content Knowledge sangat baik dengan nilai persentase (81,3%), Technological Content Knowledge baik dengan persentase (80,6%), Pedagogical Content Knowledge baik dengan persentase (80,4%), Technological Pedagogical Knowledge sangat baik dengan persentase (80,9%), dan Technological Pedagogical Content Knowledge baik dengan nilai persentase sebesar (80,5%). Data kuantitatif tersebut didukung dengan hasil wawancara penelitian kualitatif kepada beberapa responden yang menyatakan memiliki pengetahuan dan kemampuan komponen TPACK. Dengan demikian, data kualitatif ini memperkuat data kuantitatif yaitu dengan mengetahui kemampuan calon guru pada pembelajaran IPA dalam mengintegrasikan TPACK pada pembelajaran IPA SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSukarno, Sukarno196102052000031002UNSPECIFIED
Thesis advisorsari, Meirita199105242020122006UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Drs. Sukarno, M.Pd Pembimbing II:Meirita sari, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Calon Guru, Technological Pedagogical Content Knowledge, Pembelajaran IPA
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:23
Last Modified: 06 Oct 2023 03:23
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1883

Actions (login required)

View Item View Item