Anggraini, Ulviza (2023) PROBLEMATIKA MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KESIAPAN MENJADI GURU (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu Program Studi Pendidikan Agama Islam Semester 8). Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
BAB II.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
Ulviza Anggraini_1911210190.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Masih terdapat mahasiswa yang memiliki problematika, sehingga tidak siap untuk menjadi seorang guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika mahasiswa Pendidikan Agama Islam dalam kesiapan menjadi guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan dilapangan berdasarkan observasi dan wawancara serta dokumen lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Problematika mahasiswa Pendidikan Agama Islam dalam kesiapan menjadi guru terdiri dari beberapa problematika, problematika itu sendiri diantaranya adalah kurangnya minat mahasiswa Pendidikan Agama Islam untuk menjadi seorang guru, salah ambil jurusan, kurang memahami tentang dasar-dasar keislaman, rendahnya tingkat kepercayaan diri yang dimiliki mahaiswa Pendidikan Agama Islam, penguasaan kurikulum yang masih sangat minim sekali, bahkan pengetahuan tentang metode pembelajaran masih banyak mahasiswa yang tidak dapat menyebutkan dengan tepat tentang metode apa saja yang biasa digunakan pada pembelajaran di sekolah, serta penguasaan strategi pembelajaran yang masih sangat kurang sekali. Dalam kesiapan menjadi guru berdasarkan penelitian yang penulis lakukan menunjukkan bahwa beberapa mahasiswa Pendidikan Agama Islam belum siap menjadi guru, hal ini dikarenakan kesiapankesiapan mahasiswa baik itu kesiapan fisik dan psikis, kesiapan kematangan diri mahasiswa, dan kesiapan pengetahuan dan kecakapan masih sangat kurang memadai. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kesiapan menjadi guru dapat meminimalisir problematika mahasiswa Pendidikan Agama Islam sehingga dapat disarankan jika ingin meminimalisir problematika mahasiswa Pendidikan Agama Islam maka tingkatkanlah kesiapan menjadi guru
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Hj. Khairiah, M.Pd Pembimbing II : Drs. H. Romadlon, M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Problematika, Mahasiswa, kesiapan menjadi guru | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Arlan Fairuz | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Oct 2023 03:53 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Oct 2023 03:53 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2115 |
Actions (login required)
View Item |