FITRIA AZZARA, MEISHE (2023) PERAN EKSTRAKURIKULER SOCIAL CLUB DALAM MENUMBUHKAN SEMANGAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN HARSALLAKUM KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (481kB) | Preview |
|
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI MEISHE FITIRIA AZZARA _ 1911270034.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Ekstrakurikuler memang menjadi suatu program sekolah yang memiliki peranan penting terhadap tumbuh kembang peserta didik baik dalam pengetahuan, keterampilan dan sikap. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui bagaimana program kegiatan ekstrakurikuler social club dalam menumbuhkan semangat belajar peserta didik pada mata Pelajaran IPS di Pondok Pesantren Al-Qur’an Harsallakum Kota Bengkulu ? 2). Bagaimana peran kegiatan ekstrakurikuler social club dalam menumbuhkan semangat belajar peserta didik pada mata Pelajaran IPS di Pondok Pesantren Al-Qur’an Harsallakum Kota Bengkulu ?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman (Reduksi data, Penyajian data, dan Verifikasi/Penyimpulan data). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa; 1). Program kegiatan ekstrakurikuler social club dalam menumbuhkan semangat belajar peserta didik pada mata Pelajaran IPS di Pondok Pesantren Al-Qur’an Harsallakum Kota Bengkulu dilakukan melalui beberapa program diantaranya; Belajar Kelompok, Penayangan Video Nonton Bareng film-film yang bertemakan materi IPS, Study Tour / Studi Banding, dan Lomba-lomba yang bertemakan materi IPS. 2). Peran kegiatan ekstrakurikuler social club dalam menumbuhkan semangat belajar peserta didik pada mata Pelajaran IPS di Pondok Pesantren Al-Qur’an Harsallakum Kota Bengkulu diantaranya sebagai berikut; Menumbuhkan minat peserta didik terhadap pelajaran IPS, Peserta didik mendapatkan wawasan yang lebih mengenai ilmu ilmu sosial, Ketika belajar anak-anak lebih santai dan menyenangkan, Kelompok belajar ini membuat terjalinnya relasi kekeluargaan sesama peserta didik yang menyukai ilmu sosial dan Menyaring peserta didik yang memiliki kemampuan mumpuni terhadap ilmu-ilmu sosial pada masa mendatang. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat peneliti simpulkan bahwa ekstrakurikuler social club ini memikili peran penting dalam menumbuhkan semangat belajar peserta didik khususnya dalam mata pelajaran IPS. Demi perbaikan ke depannya maka disarankan peran ekstrakurikuler social club agar dapat lebih diprogramkan lagi dan ditingkatkan lagi, sehingga lebih maksimal kedepannya dalam menumbuhkan semangat belajar pada diri peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | PEMBIMBING I : Dr. Desy Eka Citra, M.Pd PEMBIMBING II : Dina Putri Juni Astuti, M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran, Social Club, Semangat Belajar Peserta Didik | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Oct 2023 07:49 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Oct 2023 07:49 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2258 |
Actions (login required)
View Item |