IMPLEMENTASI METODE PEER TUTORING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI STRUKTUR TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII MTs DARUSSALAM KOTA BENGKULU

Warni, Lisma (2022) IMPLEMENTASI METODE PEER TUTORING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI STRUKTUR TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII MTs DARUSSALAM KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
1711290058 FTT Bindo LISMA WARNI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Lisma Warni, NIM: 1711290058, Implementasi Metode Peer Tutoring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Struktur Teks Deskripsi Siswa Kelas VII MTs Darussalam Kota Bengkulu, Skripsi: Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Universitas Islam Negeri Fatmawati Bengkulu. Pembimbing: 1. Dr. Ali AkbarJono, S.Ag.,S.Hum.,M.Pd., 2. Ixsir Eliya, M.Pd. Kata Kunci: metode peer tutoring, pembelajaran bahasa, struktur teks deskripsi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode peer tutoring dalam pembelajaran struktur teks deskripsi pada bidang bahasa indonesia siswa kelas VII MTs Darussalam Kota Bengkulu dan mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung dalam proses implementasi pembelajaran struktur teks deskripsi menggunakan metode peer tutoring pada siswa kelas VII MTs Darussalam Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang terdiri atas tahap perencanaan, pengumpulan data, proses pelaksanaan, tahapan-tahapan, dan tahap evaluasi penerapan metode pemodelan. Subjek penelitianya yaitu guru dan siswa kelas kelas VII MTs Darussalam Kota Bengkulu. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Keabsahan data diperoleh melalui proses Triagulasi sumber data dan Triagulasi Teknik. Analisis data dilakukan menggunakan analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Metode Peer Tutoring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Struktur Teks Deskripsi Siswa Kelas VII MTs Darussalam Kota Bengkulu dapat dikatakan terlaksana dengan baik, dan berjalan dengan semestinya. Hal ini dapat dilihat evaluasi hasil belajar siswa yang diatas rata-rata saat menentukan struktur teks deskripsi. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan penugasan untuk menentukan struktur teks deskripsi, adapun aspek yang di evaluasi yaitu keteapatan siswa menentukan struktur dalam teks deskripsi. Adapun faktor penghambat dalam mengimplementa-sikan metode peer tutoring dalam pembelajaran struktur teks deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII MTs Darussalam Kota Bengkulu, yaitu sulitnya menentukan tutor dalam berdiskusi dan kegiatan pembelajaran yang kurang kondusif. Adapun faktor pendukungnya, yaitu adanya interaksi antara guru dan siswa dan semangat siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAkbarjono, Ali19750925001121004UNSPECIFIED
Thesis advisorEllya, Ixsir199106292018022002UNSPECIFIED
Additional Information: Dr Ali Akbarjono pembimbing I Ixsir Eliya, M.Pd Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: metode peer tutoring, pembelajaran bahasa, struktur teks deskrips
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 12 Jun 2023 01:55
Last Modified: 12 Jun 2023 01:55
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/243

Actions (login required)

View Item View Item