Sari, Nelpa (2023) PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII YANG DIAJAR MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 (K13) DAN KURIKULUM MERDEKA (MBKM) DI SMP NEGERI 13 DAN SMP NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (571kB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
SKRIPSI_NELPA SARI_NIM 1911280060.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Program Studi Tadris Matematika, Jurusan Pendidikan Sains Dan Sosial, Fakultas Tarbiyah Dan Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Pembimbing I: Prof. Edi Ansyah, M.Pd, Pembimbing II: Mela Aziza, M.Sc. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah ada perbedaan motivasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan kurikulum 2013 (K13) dan kurikulum merdeka (MBKM) di SMP Negeri 13 dan SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. (2) untuk mengetahui berapa besar perbedaan motivasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan kurikulum 2013 (K13) dan kurikulum merdeka (MBKM) di SMP Negeri 13 dan SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Instrumen yang digunakan saat penelitian adalah angket. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 13 dan SMP Negeri 5 Kota Bengkulu pada tahun 2023. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sampel T-test bahwa nilai Asmp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,025 < 0,05. Sementara hasil analisis hipotesis uji Independent Sampel T-test pada thitung dan ttabel sebesar -2,304 < -2,001, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan terdapat perbedaan motivasi belajar matematika siswa kelas VII yang diajar menggunakan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Tingkat kategori motivasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan kurikulum merdeka diperoleh persentase 73,3% tergolong dalam kategori tingkat motivasi belajar sedang, sedangkan motivasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan kurikulum 2013 sebesar 66,6% yang tergolong dalam kategori tingkat motivasi belajar sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing 1: Prof. Dr. Edi Ansyah, M.Pd Pembimbing 2: Mela Aziza, M.Sc | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Oct 2023 08:22 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Oct 2023 08:22 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2449 |
Actions (login required)
View Item |