Ulani,, Retno Lara
(2022)
STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEBERANIAN
BERSOSIALISASI DAN KOMUNIKASI ANAK DI
LINGKUNGAN SEKOLAH PADA TK PERMATA
BUNDA KOTA BENGKULU.
Undergraduate thesis, UIN FAS BENGKULU.
Abstract
Permasalahan yang di temukan di lapangan bagaimana strategi guru dalam
meningkatkan keberanian bersosialisasi dan komunikasi. Tujuan dalam penelitian
ini untuk mengetahui bentuk keberanian bersosialisasi, bentuk keberanian
komunikasi dan strategi guru serta persiapan yang di lakukan guru dalam
meningkatkan keberanian bersosialisasi dan komunikasi serta untuk mengetahui
metode yang di gunakan guru dalam meningkatkan keberanian bersosialisasi dan
komunikasi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data di dalam
penelitian di dapatkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian
kualitatif merupakan penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena
tentang apa saja yang di alami oleh subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian
yang di lakukan dapat di simpulkan bahwa strategi guru dalam meningkatkan
keberanian bersosialisasi dan komunikasi anak yaitu dengan mempersiapkan hal
yang harus di rencanakan guru seperti: perencanaan, pelaksanaan dan penilaian
dengan menggunakan RPPH dan kegiatan yang berkaitan dengan sosialisasi dan
komunikasi. Selanjutnya metode yang di gunakan yaitu bercakap-cakap untuk
meningkatkan keberanian bersosialisasi meliputi: berani tampil di depan umum,
mengemukakan pendapat dan senang bersosialisasi dengan orang lain dengan
kegiatan Tanya jawab dan metode bermain peran untuk meningkatkan komunikasi
anak dengan kegiatan bermain peran, meliputi anak mampu berkomunikasi
dengan sesuai kegiatan yang ada di RPPH.
Actions (login required)
|
View Item |