KEHIDUPAN MODERASI BERAGAMA:(Studi tentang Nilai Pendidikan, Peran Serta dan Implementasinya Pada Masyarakat Bengkulu Selatan)

Munir, Abdullah (2023) KEHIDUPAN MODERASI BERAGAMA:(Studi tentang Nilai Pendidikan, Peran Serta dan Implementasinya Pada Masyarakat Bengkulu Selatan). PhD thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Disertasi)
DISERTASI ABDULLAH MUNIR PDF.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
sinopsis Abdullah Munir.pdf

Download (828kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta empiris tentang kehidupan beragama di Indonesia yang dikritik karena proses pendidikan yang eksklusif dan kurang menyentuh aspek moralitas, sehingga opini publik menjadi buruk. Penelitian ini ingin membuktikan bahwa lembaga pemerintah, lembaga pendidikan dan tokoh masyarakat memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai moderasi beragama khususnya pada masyarakat Bengkulu Selatan. Permasalahan yang akan diselesaikan dalam penelitian ini adalah, pertama bagaimana nilai pendidikan moderasi beragama pada masyarakat Bengkulu Selatan, kedua, bagaimana peran masyarakat dalam proses pendidikan moderasi beragama di Bengkulu Selatan, ketiga, bagaimana implementasi kehidupan moderasi beragama di Bengkulu Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan analisis kualitatif dengan pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan, pertama, Masyarakat Bengkulu Selatan memiliki nilai pendidikan moderasi beragama yaitu: toleransi dan kerukunan antarumat beragama, menghargai perbedaan, menghindari ekstremisme, penghargaan terhadap budaya dan tradisi, mengedepankan dialog, dan memiliki cara pandang yang terbuka. Kedua, Masyarakat Bengkulu Selatan dalam mewujudkan moderasi beragama melibatkan peran pimpinan lembaga pemerintah, peran lembaga pendidikan dan peran tokoh masyarakat. Lembaga pemerintah melakukan pendekatan sosialisasi yang terprogram, lembaga pendidikan berperan dalam pembentukan karakter moderat, dan tokoh masyarakat melakukan sosialisasi, pendekatan keteladanan dan pendekatan personal. Ketiga, Implementasi kehidupan moderasi beragama masyarakat Bengkulu Selatan dilakukan dalam kegiatan pendidikan, kegiatan keagamaan dan kegiatan masyarakat. Kegiatan pendidikan yang dilakukan dengan memasukkan pemahaman moderasi beragama melalui materi dalam pembelajaran (kurikulum) dan praktik kehidupan sehari-hari. Kegiatan keagamaan yang dilakukan antara lain: Menyelenggarakan tradisi peringatan hari besar agama, pengajian dan majelis taklim rutinan, kegiatan doa bersama, musyawarah dan dialog antaragama. Kegiatan masyarakat yang dilakukan ditemukan dalam acara adat (pernikahan, aqiqahan, khitanan dan kematian), tradisi gotong-royong, pertemuan rutinan dan kegiatan sosial.

Item Type: Thesis (PhD)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSirajuddin, Sirajuddin196003071992021001UNSPECIFIED
Thesis advisorSamsudin, Samsudin196606051997021003UNSPECIFIED
Additional Information: Promotor: Prof. Dr. H. Sirajuddin. M., M.Ag., M.H. Co-Promotor: Dr. Samsudin, M.Ad
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama, Nilai-nilai Pendidikan, Peran Masyarakat
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S3)
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:37
Last Modified: 05 Jul 2024 02:37
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2546

Actions (login required)

View Item View Item