SEJARAH PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH DAN RESPON TERHADAP DINAMIKA BUDAYA MASYARAKAT KOTA BENGKULU

Nopriadi, Dedi (2023) SEJARAH PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH DAN RESPON TERHADAP DINAMIKA BUDAYA MASYARAKAT KOTA BENGKULU. PhD thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Disertasi)
DEDY NOVRIADI_3173070002.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Disertasi yang berjudul Sejarah Pendidikan Muhammadiyah dan Respon terdahap Dinamika Budaya Masyarakat Kota Bengkulu dilatarbelakangi oleh sejarah organisasi Muhammadiyah sebagai gerakan pembaharuan melalui pendidikan yang mulai masuk di Kota Bengkulu sejak tahun 1926. Pendidikan Muhammadiyah menjadi sarana organisasi untuk mengembangkan dakwah dan menghasilkan generasi yang yang beraklakul karimah dengan mengusai ilmu pengetahuan dan teknologi dan agama. Sejarah perkembangan pendidikan menjadi salah satu tolak ukur perkembangan organisasi Muhammadiyah di Kota Bengkulu. Penelitian sejarah pendidikan Muhammadiyah dirasa sangat penting mengingat proses masuknya pendidikan Muhammadiyah telah ada sejak masa penjajah hingga reformasi saat ini. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui sejarah pendidikan Muhammadiyah, perkembangan lembaga pendidikan Muhammadiyah dan pengaruh kultur dan budaya dalam pengembangan lembaga pendidikan Muhammadiyah di Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualititaf dengan pendekatan sejarah, informan dalam penelitian ini bersumber dari para tokoh pendidikan Muhammadiyah yang terlibat dalam pendirian dan perkembangan pendidikan Muhammadiyah di Kota Bengkulu, pengurus wilayah, pengurus cabang, ranting, Kepala Sekolah Muhammadiyah, guru, tenaga kependidikan dan orang-orang yang terlibat dalam pendirian dan perkembangan lembaga pendidikan Muhammadiyah. Data yang ada kemudian dilakukan verifikasi atau kritik sejarah untuk memperoleh keabsahan sumber. Proses yang dilakukan dengan melakukan uji keabsahan keaslian sumber (autentisitas) yang dilakukan melalui kritik ekstrem dan keabsahan tentang keshahihan sumber (kredibilitas) yang ditelusuri melalui kritik intern. Hasil penelitian diperoleh bahwa sejarah pendidikan Muhammadiyah di Kota Bengkulu dimulai sejak masa penjajahan Hindia Belanda tahun 1926 yang dibawa dan dikembangkan oleh guruguru yang berasal dari Jawa dan Sumatera Barat, dilanjutkan masa ix orde lama sebagai masa kebangkitan pendidikan Muhammadiyah. Pada masa orde baru perkembangan pendidikan Muhammadiyah begitu pesat namun pada akhir masa orde baru mengalami kemunduran dari segi kuantitas terutama pada masa reformasi dikarenakan pengaruh kebijakan pemerintah dan persaingan yang ketat dengan lembaga pendidikan negeri dan swasta lainnya. Namun dari sisi kualitas terus dikembangkan melalui pengembangan kurikulum dan peningkatan skill siswa dalam bidang agama dan sains. Perkembangan sejarah pendidikan Muhammadiyah tidak terlepas dari keterlibatan para tokoh, pengurus Muhammadiyah di tingkat wilayah, cabang dan ranting. Usaha tersebut banyak melahirkan lembaga-lembaga pendidikan Muhammadiyah yang tersebar hampir di seluruh ranting di Kota Bengkulu mulai dari tingkat SD sampai tingkat SMA sederajat. Dalam perkembangan pendidikan Muhammadiyah juga terjadi interaksi budaya masyarakat Bengkulu yang terlihat dalam aktivitas pembelajaran, kurikulum dan ektrakurikuler.

Item Type: Thesis (PhD)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorRohimin, Rohimin1964053119911031001UNSPECIFIED
Thesis advisorZubaedi, Zubaedi196903081996031005UNSPECIFIED
Additional Information: Promotor: Prof. Dr. H. Rohimin, M.Ag. Co-Promotor: Prof. Dr. Zubaedi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Sejarah, Pendidikan Muhammadiyah, budaya, Kota Bengkulu
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S3)
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 05 Jul 2024 03:06
Last Modified: 05 Jul 2024 03:06
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2547

Actions (login required)

View Item View Item