PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP MINAT BELAJAR IPAS KELAS IV DI SDN WUKIRSARI KABUPATEN MUSI RAWAS

Nurhasanah, Mega (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP MINAT BELAJAR IPAS KELAS IV DI SDN WUKIRSARI KABUPATEN MUSI RAWAS. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (729kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (578kB)
[img] Text
MEGA NURHASANAH_2011240026.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Media Flipchart dapat digunakan sebagai media penyampaian pesan pembelajaran. Dalam penggunaannya dapat dibalik jika pesan dalam lembaran depan sudah ditampilkan dan diganti dengan lembaran berikutnya yang sudah di sediakan. Berdasarkan hasil observasi peneliti di kelas IV SDN Wukirsari Kabupaten Musi Rawas, peneliti menemukan masalah tentang rendahnya minat belajar siswa pada saat pembelajaran IPAS, dikarenakan proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Selama proses kegiatan pembelajaran pada mata Pelajaran IPAS dari awal pembelajaran dimulai sampai selesai pembelajaran beberapa siswa kelihatan kurang bersemangat dalam belajar. Hal tersebut bisa dikatakan bahwa siswa kurang tertarik dengan pembelajaran yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menggunakan flip chart sebagai media pembelajaran karena memiliki warna dan gambar yang lebih menarik minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) apakah ada pengaruh penggunaan media flip chart terhadap minat belajar IPAS kelas IV di SDN Wukirsari Kabupaten Musi Rawas; (2) Faktor yang mempengaruhi media flip chart terhadap minat belajar IPAS kelas IV di SDN Wukirsari Kabupaten Musi Rawas. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan desain penelitian Nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa observasi, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Terknik analisis data yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Adapun populasi yang terdapat dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 50 siswa di SDN Wukrisari Kabupaten Musi Rawas, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50 siswa SDN Wukirsari Kabupaten Musi Rawas yang terdiri dari 26 siswa kelas A dan 24 siswa kelas B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media flip chart terhadap minat belajar IPAS kelas IV xiv di SDN Wukirsari Kabupaten Musi Rawas. Hal ini dapat dibuktikan dengan perhitungan kemudian diperoleh hasil dari uji t angket setelah pembelajaran yang dapat dilihat dari nilai sig.2 tailed) pada kelas eksperimen yaitu 0,044 < 0,05. Dan pada kelas kontrol diperoleh nilai sig.(2-tailed) yaitu 0,045 < 0,05. Dari hasil diatas sebelum pembelajaran dan setelah pembelajaran dapat disimpulkan bahwa nilai sig.(2-tailed) angket setelah pembelajaran diketahui Ha diterima dan ho ditolak artinya terdapat pengaruh penggunaan media flip chart terhadap minat belajar siswa kelas IV di SDN Wukirsari kabupaten Musi Rawas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAnsyah, Edi197007011999031002UNSPECIFIED
Thesis advisorHidayani, Masrifa197506302009012004UNSPECIFIED
Additional Information: PEmbimbing I: Prof. Dr. Edi Ansyah, M. Pd Pembimbing II: Masrifa Hidayani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran Flip Chart, Minat Belajar.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 12 Jul 2024 04:08
Last Modified: 12 Jul 2024 04:08
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2825

Actions (login required)

View Item View Item