IMPLEMENTASI KEGIATAN SHOLAT DHUHA DALAM MENUMBUHKAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI TK HANG TUAH KOTA BENGKULU

Yulistiani, Yuly (2024) IMPLEMENTASI KEGIATAN SHOLAT DHUHA DALAM MENUMBUHKAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI TK HANG TUAH KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (834kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (338kB)
[img] Text
YULY YULISTIANI_2011250037.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana pelaksanaan kegiatan Shalat Dhuha dalam menumbuhkan Nilai Moral dan Agama pada anak usia dini di TK Hang Tuah Kota Bengkulu. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa bukan hanya pendidikan umum saja yang diajarkan guru kepada anak usia dini tetapi juga menekankan pada nilai-nilai keIslaman seperti pelaksanaan shalat dhuha, hafalan surat pendek, hadist, dan doa-doa setiap harinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini adalah (1) melalui pelaksanaan shalat dhuha, nilai agama dan moral anak usia dini yang dikembangkan sesuai dengan STPPA diantaranya: mengenal agama yang dianutnya, mengerjakan ibadah, berperilaku jujur, penolong, sopan, hormat, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, dan menghormati (toleransi) agama orang lain. Pelaksanaan shalat dhuha di TK Hang Tuah dilakukan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelaksanaannya meliputi praktik wudhu, praktik shalat dhuha, serta doa dan dzikir sesudah shalat. Evaluasi pada pembiasaan shalat dhuha dalam pengembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun meliputi penilaian harian, mingguan dan bulanan. evaluasi saat rapat, juga evaluasi ketika saat pembagian rapot. Menggunakan teknik penilaian unjuk kerja, catatan anekdot dan ceklis. (2) Faktor pendukung pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha dalam menumbuhkan nilai agama dan moral anak usia dini diantaranya kondisi siswa yang tertib, fasilitas sekolah yang mendukung, alokasi waktu, dukungan dan motivasi dari guru serta orang tua. Faktor penghambatnya berupa kesulitan guru mengkondisikan siswa, dan perbedaan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorFebrini, Dini197502042000032001UNSPECIFIED
Thesis advisorSyarifin, Ahmad198006162015031003UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Deni Febrini, M. Pd Pembimbing II: Ahmad Syarifin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Shalat Dhuha, Nilai Agama dan Moral, Anak Usia Dini
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 12 Jul 2024 08:18
Last Modified: 12 Jul 2024 08:18
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2863

Actions (login required)

View Item View Item