Alfaly,, M Reza (2023) UPAYA GURU DALAM MENGATASI PERUNDUNGAN (BULLYING) PADA SISWA KELAS IV DI SDN 06 KABUPATEN SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
1811240177 M. REZA ALFALY.pdf - Submitted Version Download (5MB) |
Abstract
Perundungan adalah suatu bentuk tingkah laku yang mengganggu, mengusik korban bullying sehingga mereka merasa tidak nayaman. Berdasarkan defenisi di atas, dapat saya simpulkan bahwa bullying adalah perilaku agresif dan negatif seseorang atau sekelompok orang secara berulangkali yang menyalah gunakan ketidak seimbangan kekuatan dengan tujuan menyakiti tergetnya (korban) secara mental atau fisik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru yaitu memanggil siswa-siswi yang melakukan perundungan dan siswa-siswi yang menjadi korban perundungan, Mencari tahu kebenaran masalah yang terjadi, menasehati/ memberikan pengertian, dan mencari jalan penyelesaian untuk masalah perundungan yang terjadi agar tidak terulang lagi. Dalam penyelasaian masalah perundungan guru sering terkendala dalam perbedaan karakter anak yang dipengaruhi oleh lingkungan watak keras, lemah lembut, kurangnya perhatian orang tua, faktor ekonomi orang tua, sering nonton acara TV dan menggunakan alat komunikasi yang canggih contohnya (hp, Internet) diawasi oleh orang tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | pembimbing 1 : Dr. Kasmantoni M. Si , Pembimbing 2: Achmad Ja'far Sodik, M. Pd. I | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Perundungan (Bullying) | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Jun 2023 08:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Jun 2023 08:00 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/340 |
Actions (login required)
View Item |