PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD IT IQRA 2 KOTA BENGKULU

Apriyanti,, Lusti (2023) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD IT IQRA 2 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
1811240179 FTT PGMI Lusti Apriyanti.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

“Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD IT IQRA 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan di SD IT IQRA 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode Quasi Eksperimental Design dan desain penelitian Nonequivalent Posttes-Only Control Group Design. Dalaml penelitianl inil teknikl samplingl yangl digunakanl adalahl simplel randoml sampling.l Daril empatl kelasl populasi,l diambill dual kelasl sampell yaitul kelasl IVl Al sebagail kelasl eksperimenl denganl diberil perlakuanl pendekatanl PMRl danl kelasl IVl Cl sebagail kelasl kontroll denganl pembelajaranl langsung.l Analisisl datal dalaml penelitianl menggunakanl teknikl analisisl statistikl deskriptifl danl analisisl statistikl inferensiall menggunakanl SPSSl yangl dibagil dalaml dual tahap,l yaitul tahapl awall yangl merupakanl tahapl pemadananl sampell danl tahapl akhir,l yangl merupakanl tahapl analisisl datal untukl mengujil hipotesisl penelitian.l Hasill ujil normalitasl nilail postl testl kelasl eksperimenl diperolehl nilail sig.”l 0,070l >l 0,05l “danl padal kelasl kontroll diperolehl nilail sig.l 0,106l >l 0,05,l sehinggal nilail posttesl kedual kelasl berdistribusil normal. Uji homogenitas nilai post test diperoleh nilai sig. 0,826 > 0,05, sehingga variansi kedua kedua kelas homogen. Selanjutnya, karena uji prasyarat terpenuhi maka dilakukan analisis statistika inferensial, yaitu uji t. Hasil perhitungan uji t dengan menggunakan uji Paired-Samples T Tes adalah dengan nilai sig. 0,000, maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai posttes kelas eksperimen yaitu 77 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 64,3”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSukarno, Sukarno19610205200031002UNSPECIFIED
Thesis advisorPutra,, Erik Perdana0217108802UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I. Dr. Sukarno, M.Pd. Pembimbing II Erik Perdana Putra,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR), Hasil Belajar.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 13 Jun 2023 08:08
Last Modified: 13 Jun 2023 08:08
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/343

Actions (login required)

View Item View Item