EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE DALAM PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP PLUS JÂ-ALHAQ KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Noreza, Josy (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE DALAM PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP PLUS JÂ-ALHAQ KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
HALAMAN DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (135kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB III.pdf - Submitted Version

Download (155kB)
[img] Text (Skripsi)
JOSY NOREZA_2011270016.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya guru dalam melakukan variasi Media pembelajaran pada proses belajar mengajar yaitu hana didominasi dengan metode ceramah dan penugasan, sehingga minat belajar IPS siswa masih tergolong rendah dibawah criteria ketuntasan minimal (KKM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media pembelajaran berbasis video youtube dalam peningkatkan minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Plus Jâ�alHaq Kota Bengkulu, untuk mengetahui minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS SMP Plus Jâ-alHaq Kota Bengkulu, untuk mengetahui efektivitas penggunaan media vedio youtube dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Plus Jâ-alHaq Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan korelasi product moment dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa.Instrument penelitian yang digunakan adalah mengisi angket media video yotube dan angket minat belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil tes soal penggunaan media video youtube siswa kelas VIII dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video youtube berpengaruh dan efektif terhadap minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: hasil uji ― ro yang telah diperoleh adalah = 0,289 sedangkan rt masing-masing sebesar 0, 433 dan 0,549 dengan demikian ternyata bahwa ro adalah lebih kecil daripada rt baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% karena ro lebih kecil daripada rt maka hipotesis alternatif ditolak sedangkan hepotesis nihil diterima atau disetujui kesimpulan dapat kita tarik dari korelasi positif antara angket media media video YouTube dan xi xi angket minat belajar di sini bukanlah merupakan korelasi positif yang meyakinkan.siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Plus Jâ-alHaq Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSamsudin, Samsudin196606051997021003UNSPECIFIED
Thesis advisorYunarman, Sepri199002102019031015UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: penggunaan media video youtube
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 06 Nov 2024 07:12
Last Modified: 06 Nov 2024 07:12
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3611

Actions (login required)

View Item View Item