Afriani, Metri (2024) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE WINDOW SHOPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
HALAMAN DEPAN.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (Skripsi)
METRI AFRIANI_2011270026.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Window shopping merupakan strategi layanan berbasis kerja kelompok dengan melakukan keliling melihat hasil karya kelompok lain untuk menambah wawasan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh cooperative learning tipe window shopping terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimental Design, pendekatan ini merupakan penelitian yang digunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Ada dua bentuk desain quasi experimental, yaitu Time-Series Design dan Nonequivalent Control Group Design. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design, dengan dua kelompok yakni kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII. Sedangkan sampelnya kelas VIII 4 dan VIII 5. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, uji hipotesis dengan bantuan IBM SPSS versi 26. Hasil Penelitian ini menujukan bahwa ada pengaruh yang signifikan model cooperative learning tipe window shopping terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Hal tersebut terlihat pada hasil uji t-test menggunakan independent sample t-test diperoleh thitung = 3.223 dan ttabel = 1.671. Nilai signifikansi pada tabel menunjukkan 0,002 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 1 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Cooperative Learning Tipe Window Shopping, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Nov 2024 07:31 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Nov 2024 07:31 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3618 |
Actions (login required)
View Item |