IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI PROGRAM KESETARAAN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH (PKPPS) WUSTHO HIDAYATUL QOMARIYAH KOTA BENGKULU

Sari, Rika Aprilia (2023) IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI PROGRAM KESETARAAN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH (PKPPS) WUSTHO HIDAYATUL QOMARIYAH KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
RIKA APRILIA SARI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Konstruktivisme adalah suatu upaya membangun tata susunan hidup yang berbudaya modern. Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran IPS terpadu dan hambatan implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran IPS terpadu. Jenis penelitian kualitatif, penulis mengolah hasil wawancara dan observasi menganalisis dan menyimpulkannya, lalu dilakukan analisis data. Hasil penelitian dalam pelaksanaan suatu pembelajaran, RPP di buat bertujuan dalam proses pembelajaran dapat sesuai dengan tujuan pembelajaran, barulah dapat diterapkan pendekatan konstruktivisme. Pelaksanaan kegiatan awal mencerminkan sebuah apersepsi dan motivasi yaitu mempersiapkan siswa sebelum belajar, mengajak bersama-sama berdoa sebelum memulai proses pembelajaran dan mengabsen. tahap evaluasi ditujukan untuk mengukur keberhasilan atau sebagai proses penilaian sampai sejauh mana tujuan dicapai dengan cara pemberian nilai. Kendala implementasi teori belajar konstruktivisme pembelajaran IPS mempengaruhi ada dua yaitu faktor penghambat dan faktor pendukung. Faktor penghambat yaitu kelas tidak terkontrol karena siswa sangat berantusias dalam belajar. Kata Kunci : Teori Belajar, Konstruktivisme, IPS Terpadu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAdisel, M.PdUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorCitra, Desy EkaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: Dr. Adisel, M.Pd selaku Pembimbing I Dr. Desy Eka Citra, M.Pd selaku pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Teori Belajar, Konstruktivisme, IPS Terpadu
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:56
Last Modified: 14 Jun 2023 03:56
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/367

Actions (login required)

View Item View Item