STRATEGI GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TA’WIDIYAH DI SDN 79 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Nurbika, Deka (2023) STRATEGI GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TA’WIDIYAH DI SDN 79 KOTA BENGKULU. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Tesis)
DEKA NURBIKA_2111540035.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (Tesis)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text (Tesis)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (705kB)
[img] Text (Tesis)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (840kB)

Abstract

Pembentukan karakter merupakan hal yang sangat penting untuk memperbaiki pribadi maupun masyarakat. guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran dan tanggung yang besar dalam menyiapkan para siswa agar memiliki bekal yang cukup dan matang untuk kehidupan di masa depan yang mana, pada zaman ini mengalami krisis moralitas. Maka dari itu SDN 79 Kota Bengkulu hadir sebagai jembatan atau wadah untuk mendidik generasi yang bermoral berlandaskan IMTAQ (iman dan taqwa). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Strategi Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Siswa melalui metode Ta’widiyah di SDN 79 Kota Bengkulu. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan beberapa metode yaitu, metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi di SDN 79 Kota Bengkulu. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan triangulasi data untuk menguji keabsahan data yang diperoleh. Data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara serta dokumentasi yang valid. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (a) penerapan metode Ta’widiyah, (b) mengevaluasi metode ta’widiya, (c) strategi ta’widiyah. Bentuk-bentuk metode pembiasaan yaitu bersalaman, doa sebelum dan sesudah belajar, tadarus, sholat dhuha, sholat zuhur berjamaah, berinfak, subuh berjamaah dan maghrib mengaji, tahfiz Quran. Perencanaan dimulainya pembiasaan ini adalah menetapkan tujuan sesuai dengan visi dan misi, serta menuangkannya dalam perangkat pembelajaran yaitu RPP. Pelaksanaan pembiasaan ajaran Islam dilakukan dengan 3 tahapan yaitu menerapkan peraturan, penerapan hukuman dan reward. Hasil pelaksanaan pembiasaan melahirkan nilai-nilai Islami yang tertanam pada jiwa peserta didik sehingga menjadi kebiasaan dalam keseharian sehingga terwujudlah peserta didik yang berkarakter sesuai dengan ajaran Islam beriman, bertakwa dan berakhlakul karimah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMarhayati, Nelly197803082003122003UNSPECIFIED
Thesis advisorMindani, Mindani196908062007101002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembentukan karakter merupakan hal yang sangat penting untuk memperbaiki pribadi maupun masyarakat. guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran dan tanggung yang besar dalam menyiapkan para siswa agar memiliki bekal yang cukup dan matang untuk kehidupan di masa depan yang mana, pada zaman ini mengalami krisis moralitas. Maka dari itu SDN 79 Kota Bengkulu hadir sebagai jembatan atau wadah untuk mendidik generasi yang bermoral berlandaskan IMTAQ (iman dan taqwa). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Strategi Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Siswa melalui metode Ta’widiyah di SDN 79 Kota Bengkulu. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan beberapa metode yaitu, metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi di SDN 79 Kota Bengkulu. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan triangulasi data untuk menguji keabsahan data yang diperoleh. Data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara serta dokumentasi yang valid. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (a) penerapan metode Ta’widiyah, (b) mengevaluasi metode ta’widiya, (c) strategi ta’widiyah. Bentuk-bentuk metode pembiasaan yaitu bersalaman, doa sebelum dan sesudah belajar, tadarus, sholat dhuha, sholat zuhur berjamaah, berinfak, subuh berjamaah dan maghrib mengaji, tahfiz Quran. Perencanaan dimulainya pembiasaan ini adalah menetapkan tujuan sesuai dengan visi dan misi, serta menuangkannya dalam perangkat pembelajaran yaitu RPP. Pelaksanaan pembiasaan ajaran Islam dilakukan dengan 3 tahapan yaitu menerapkan peraturan, penerapan hukuman dan reward. Hasil pelaksanaan pembiasaan melahirkan nilai-nilai Islami yang tertanam pada jiwa peserta didik sehingga menjadi kebiasaan dalam keseharian sehingga terwujudlah peserta didik yang berkarakter sesuai dengan ajaran Islam beriman, bertakwa dan berakhlakul karimah.
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: M.Pd Sinta Agusmiati
Date Deposited: 13 Nov 2024 08:12
Last Modified: 13 Nov 2024 08:12
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3791

Actions (login required)

View Item View Item