IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK PADA KELOMPOK A DI PAUD IT IQRO DESA SIBAK KECAMATAN IPUH KABUPATEN MUKOMUKO

Downloads

Downloads per month over past year

Fadilla, Sriwati (2024) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK PADA KELOMPOK A DI PAUD IT IQRO DESA SIBAK KECAMATAN IPUH KABUPATEN MUKOMUKO. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
HALAMAN DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (694kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (559kB)
[img] Text (Skripsi)
SRIWATI FADILLA_2011250099.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik dalam mengembangkan kognitif anak pada kelompok A di PAUD IT IQRO’ yang beralamat di Desa Sibak Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek/informan adalah guru dan siswa kelompok A PAUD IT IQRO’ Desa Sibak Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko. Dari hasil penelitian bahwa implementasi pendekatan saintifik di PAUD IT IQRO’Desa Sibak Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko efektif dalam mengembangkan kognitif anak pada kelompok A, meskipun dihadapkan pada beberapa kendala Internal dan eksternal. Guru berhasil mengintegrasikan pendekatan ini melalui kegiatan eksperimen sederhana, observasi lingkungan, dan diskusi kelas yang telah meningkatkan keterampilan observasi, berpikir kritis, dan kreativitas anak-anak. Namun terdapat beberapa kendala signifikan yang dihadapi. Kendala Internal meliputi keterbatasan sumber daya dan fasilitas, seperti alat dan bahan pembelajaran yang memadai serta ruang kelas yang terbatas, yang mempengaruhi optimalisasi kegiatan eksperimen dan observasi ilmiah. Sedangkan kendala Eksternal adalah, pemahaman dan dukungan orang tua terhadap pendekatan saintifik masih kurang, mengharuskan guru untuk melakukan upaya ekstra dalam memberikan edukasi kepada orang tua mengenai pentingnya pendekatan ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSalamah, Salamah197305052000032004UNSPECIFIED
Thesis advisorHidayani, Masrifa197506302009012004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Kognitif Anak
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 11 Nov 2024 04:11
Last Modified: 11 Nov 2024 04:11
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3796

Actions (login required)

View Item View Item