Implementasi Permainan Game Bahasa Arab (Arabic Puzzle) pada siswa kelas 5 di MI Plus JA-Alhaq Kota Bengkulu.

Downloads

Downloads per month over past year

Saputri, Erina Bunga (2023) Implementasi Permainan Game Bahasa Arab (Arabic Puzzle) pada siswa kelas 5 di MI Plus JA-Alhaq Kota Bengkulu. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEPAN....pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB 1 BUNGA pdf.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB 2 BUNGA pdf.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
Erina Bunga Saputri (1911220005).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa Arab dianggap sebagai salah satu Pelajaran yang cukup sulit dipahami oleh siswa, seperti halnya yang terjadi di MI Plus Ja-Alhaq, banyak siswa yang kurang tertarik pada Pelajaran ini karena sudah berfikiran bahwa ini merupakan Pelajaran yang susah dimengerti. Hal inilah yang menuntut bagaimana caranya seorang guru dapat memberikan pemahaman kepada siswa bahwa belajar Bahasa arab itu tidak sesusah yang mereka bayangkan. Sehingga menuntut guru untuk memberikan inovasi yang baru agar siswa tertarik untuk belajar Bahasa arab. Dan permainan Bahasa arab merupakan salah satu dari metode active learning yang ada, yang bisa menjadi pilihan guru untuk memberikan metode pembelajaran yang menarik bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Implementasi Permainan Game Bahasa Arab (Arabic Puzzle) pada siswa kelas 5 di MI Plus JA-Alhaq Kota Bengkulu. Dan juga untuk mengetahui Langkah-langkah Implementasi Permainan Game Bahasa Arab (Arabic Puzzle) pada siswa kelas 5 di MI Plus JA-Alhaq Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya mengguanakan Teknik triangulasi dengan menggabungkan data dari sumber yang ada seperti melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah penelitian lapangan dan metode induktif .Hasil dari penelitian dari observasi, wawancara dan dokumentasi menunjukkan bahwa siswa lebih menyukai proses belajar mengajar yang aktif, salah satunya dengan permainan yang membuat mereka lebih mudah memahami dan menghafal kosa kata bahas arab, dibanding siswa hanya mendengarkan guru dan membaca dari buku saja. siswa lebih bersemangat dan tertarik untuk belajar bahasa arab. Dan permainan ini dilakukan dengan beberapa tahapan mulai dari mempersiapkan permainan, guru meةbuka kelas hingga kelas ditutup. penelitian ini, disarankan guru untuk terus berinovasi untuk mempertahankan ketertarikan siswa dalam mempelajari bahasa arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorHidayat, Nur197306032001121002UNSPECIFIED
Thesis advisorHariyanto, Nur199109082020121006UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Active Learning, permainan Bahasa Arab, Arabic Puzzle
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 18 Nov 2024 03:05
Last Modified: 18 Nov 2024 03:05
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3954

Actions (login required)

View Item View Item