Nopitasari, Mia (2024) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS DI SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU SKRIPS. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.
Text (skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (skripsi)
MIA NOPITA SARI_2011270006.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (261kB) |
|
Text (skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (303kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menetahui Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Proses Pembelajaran di SMPN 6 Kota Bengkulu dan mengetahui hambatan guru dalam mengembangkan kompetensi pedagoik Dalam Proses Pembelajaran. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kompetensi pedagogik merupakan kompetensi khas, yang akan membedakan guru dengan profesi lainnya dan akan menentukan tingkat keberhasilan proses dan hasil pembelajaran peserta didiknya. Beberapa indikator kompetensi pedagogik diantaranya Memahami peserta didik secara mendalam, Merancang pembelajaran, Melaksanakan pembelajaran yang meliputi menata latar (setting) pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran yang kondusif, Merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran yang meliputi merancang dan melaksanakan evaluasi (assessment) proses dan hasil belajar secara berkesinambungan denga berbagai metode, Mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensinya.Kendala yang dialami oleh guru dalam mengimplementasikan kompetensi pedagogik pembelajaran masih berpusat pada guru, masih ada sebagaian guru yang usianya sudah tua sehingga mereka sudah jenuh dan malas melakukan inovasi dalam pembelajaran khususnya dalam penggunaan IT. Ada dua faktor yang mempengaruhi, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal ini sebenarnya berkaitan erat dengan syarat-syarat menjadi seorang guru. Adapun faktor yang dimaksud Latar belakang pendidikan guru, Pengalaman mengajar guru, Keadaan kesejahteraan ekonomi guru. Faktor eksternal yang dapat mempengaruhi peningkatan kompetensi guru diantaranya Sarana pendidikan, Kedisiplinan kerja disekolah, Pengawasan kepala sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi, Pedagogik | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Nov 2024 08:08 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Nov 2024 08:08 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4045 |
Actions (login required)
View Item |