Pujiarti, Revita (2024) UPAYA GURU IPS DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 5 KOTA BENGKULU SKRIPSI. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.
Text (skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (skripsi)
SKRIPSI REVITA PUJIARTI NIM 2011270008.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (248kB) |
|
Text (skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (352kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru IPS dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas VII di SMP N 5 Kota Bengkulu. Selain itu juga untuk mengetahui dan mendeskripsikan kendala dan solusi dari upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif deskripsi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkahlangkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan upaya guru IPS dalam membentuk karakter disiplin siswa di kelas VII yaitu: 1) membimbing, 2) pembiasaan, 3) menjadi contoh teladan yang baik bagi siswa, 4) membuat peraturan kelas beserta sanksi , 5) memberikan motivasi, 6) selalu melakukan refleksi di akhir pembelajaran, dan 7) menjalin komunikasi yang baik dengan siswa dan wali murid. Pembentukan karakter disiplin pada siswa kelas VII sudah terlihat pada beberapa hal seperti tidak terlambat datang ke sekolah, melaksanakan piket kelas dengan baik, mengerjakan tugas PR dengan baik, penggunaan seragam yang rapi serta menjaga kebersihan, dan lain sebagainya. Sedangkan faktor pendukung dalam membentuk karakter disiplin tersebut antara lain terjalinnya komunikasi yang baik antar pihak guru serta kepala sekolah, lingkungan sekolah yang positif, dan motivasi dalam pembelajaran, Sedangkan faktor penghambatnya yaitu faktor keluarga, rendahnya kesadaran diri siswa, dan faktor lingkungan. Sedangkan solusi dari adanya kendala pembentukan xiii karakter disiplin siswa tersebut melalui kontrol dari kepala sekolah, serta peran aktif guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Upaya guru, Karakter disiplin siswa, Pembelajaran IPS. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2024 02:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Nov 2024 02:00 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4049 |
Actions (login required)
View Item |