PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN CONTEKTUAL THEACING LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII MTS PANCASILA KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Putriani, Yenni Herka (2024) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN CONTEKTUAL THEACING LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII MTS PANCASILA KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text (skripsi)
SKRIPSI YEMI HERKA PUTRIANI_2011270004_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (158kB)
[img] Text (skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (426kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Contektual Theacing Learning di MTS Pancasila Kota Bengkulu. Jenis Penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan Ekspremen. Teknik pengumpulan data adalah observasi,tes, dokumentasi, dan wawancara. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A 15 orang dan VII B 15 orang di MTS Pancasila Kota Bengkulu. yang menggunakan teknik total sampling. Teknik analisa data menggunakan uji t Sampel independen. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Contektual Teaching Learning siswa kelas VII MTS Pancasila Kota Bengkulu. Dengan dibuktikan dari hasil pengujian uji “t” diperoleh thitung = 3,157 sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 2,025. hasil thitung > ttabel (3,157 > 2,025) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Contektual Teaching Learning. Dengan dibuktikan nilai rata-rata (???? )1 = 77 dan yang menggunakan model pembelajaran Pembelajaran Contektual Theacing Learning dengan rata-rata (???? )2 = 65.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorDewi, Desy Eka Citra197512102007102002UNSPECIFIED
Thesis advisorGilang, Ilham199004122020121003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Contektual Theacing Learning, Hasil Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 22 Nov 2024 07:58
Last Modified: 22 Nov 2024 07:58
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4062

Actions (login required)

View Item View Item