IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA PADA PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SD 01 KEPAHIANG

Downloads

Downloads per month over past year

Hasanah, Miftah (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA PADA PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SD 01 KEPAHIANG. Undergraduate(S1) thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (577kB)
[img] Text
SKRIPSI MIFTAH HASANAH_ 2011240060.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana penerapan kurikulum merdeka melalui proyek peguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam membentuk karakter siswa di SDN 01 kepahiang proyek peguatan profil pelajar pancasila (P5) merupakan bagian dari kurikulum merdeka yang di rancang untuk membentuk siswa indonesia yang menginternalisasikan nilai-nilai pancasila dalam perilakunya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian eksploratif pengumpulan data di lakukan melalui wawancara dengan informan penelitian yaitu kepala sekolah, guru, tim peyusun, dan siswa. selain itu, data juga di dukung dengan dokumentasi, observasi dan study literatur. Data yang di peroleh dianalisis melalui tahapan reduksi, peyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SDN 01 kepahiang yang bertemakan “pola hidup berkelanjutan” telah di laksanakan pada peguatan profil pelajar pancasila (P5). Pembentukkan karakter siswa dalam mewujudkan karakter siswa tersebut di dasarkan pada tiga dimensi peguatan profil pelajar pancasila (P5) yaitu: 1). Iman, bertakwa kepada tuhan yang maha Esa dan dan berakhlak mulia (elemen akhlak terhadap alam dan sub-elemen mejaga lingkungan sekitar). 2). Gotong royong ( unsur: kerjasama dan sub-unsur menerima dan melaksanakan tugas dan peranan yang di berikan kelompok dalam kegiatan bersama). 3). Kemandirian (elemen: memahami diri sendiri dan situasi yang di hadapi dan sub-elemen: mengebangkan refleksi diri). Secara khusus pelaksanaan peguatan profil pelajar pancasila (P5) di lakukan melalui berbagai variasi metode pelaksanaan yang di terapkan oleh dewan guru dan wali kelas, namun tetap berdasarkan tema, unsur dan sub-unsur yang telah di tentukan. peguatan profil pelajar pancasila (P5) menjadi 2 segmen pelaksanaan di SDN 01 kepahiang pertama adalah kelas 1-3 dengan pendekatan kegiatan kreatif yang menghibur namun mendidik seperti, melukis, mengambar atau permainan dan lainlain. Segmen ke kedua adalah kelas 4-6 dengan kegiatan fokus pada kepedulian terhadap lingkungan dan diskusi pengenalan dan internalisasi nilai-nilai pancasila.

Item Type: Thesis (Undergraduate(S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNurlaili, Nurlaili19750702200032002UNSPECIFIED
Thesis advisorNasution, Adam198208102023211016UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: kurikulum merdeka, peguatan profil pelajar pancasila (P5), Karakter.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 04 Feb 2025 01:38
Last Modified: 04 Feb 2025 01:38
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4108

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year