UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 35 SELUMA

Loriend,, Anggil Afril (2023) UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 35 SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
1811240258 FTT PGMI ANGGIL AFRIL LORIEND.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam membentuk kepribadian anak di sekolah dasar negeri 35 seluma. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber penelitian data primer yaitu: Guru mata pelajaran pendidikan agama islam dan data sekunder yaitu kepala sekolah, wali kelas V, dan siswa kelas V SD Negeri 35 Seluma. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana upaya guru dalam membentuk kepribadian anak di sekolah dasar negeri 35 seluma. Hasil penelitian yang ditemukan peneliti dapat disimpulkan bahwa upaya guru dalam membentuk kepribadian anak dengan cara memberi peraturan berupa tata tertib sekolah, menempel gambar atau spanduk 18 nilai karakter, memberi kegiatan rutin setiap hari jum’at dan sabtu, serta dibentuknya jadwal piket kelas setiap hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAkbarjono,, Ali1975092520011121001UNSPECIFIED
Thesis advisorBasinun, Basinun197710052007102005UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1: Dr. Ali Akbarjono, M.Pd Pembimbing 2: Dr. Basinun, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Membentuk Kepribadian
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:17
Last Modified: 15 Jun 2023 03:17
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item View Item