Fitria, Rini (2022) KOMUNIKASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI KOTA BENGKULU. Doktoral (S3) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
RINI FITRIA.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Peneliti menemukan komunikasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN Kota Bengkulu dalam konteks komunikasi antarpribadi, komunikasi Kelompok dan model komunikasi pembelajaran. Penting dilakukan berdasarkan observasi awal bahwa komunikasi yang terjadi dalam proses pembelajaran masih memerlukan pendekatan komunikasi antarpribadi dan komunikasi kelompok serta model pembelajaran efektif. rumusan masalah 1. Bagaimana komunikasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN Kota Bengkulu dalam konteks komunikasi antarpribadi? 2. Bagaimana komunikasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN Kota Bengkulu dalam konteks komunikasi kelompok? 3. Bagaimana model komunikasi pembelajaran PAI yang digunakan guru di SMAN Kota Bengkulu? Tujuan Penelitian ini untuk menjawab komunikasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam konteks komunikasi antarpribadi, komunikasi kelompok dan model pembelajaran yang digunakan guru PAI. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisa data dengan teknik validasi data dengan triangulasi sumber dan teknik pengumpulan data terhadap 95 informan penelitian diambil secara purposive dengan perwakilan SMAN 3, 5, 7 Kota Bengkulu. Hasil Penelitian adalah 1. Komunikasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN Kota Bengkulu dalam konteks Komunikasi antarpribadi, merupakan dianggap paling efektif dalam mengubah sikap, pendapat atau perilaku karena proses yang bersifat terbuka dan komunikatif dengan kecakapan interpersonal guru 2. Komunikasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) komunikasi kelompok, adalah berkomunikasi dengan baik di dalam kelompoknya. Guru dan Murid merasa nyaman berkomunikasi, menyampaikan pendapatnya sebagai bentuk sumbangannya pada kelompok. 3. Model komunikasi pembelajaran PAI yang digunakan guru di SMAN Kota Bengkulu, model komunikais pembelajaran islami bukan hanya mengandalkan kemampuan guru dalam menghapal materi pembeljaran, akan tetapi mencoba untuk meningkatkan kemampuan motivasi belajar siswa dan dapat menemukan titik terang dari materi pembalajaran. Pemahaman siswa secara kognitif, afektif, da diaplikasikan dalam kehidupannya, dengan qawlan sasidan, layyinan, ma'rufan, maysyuran, balighah, karimah dalam pembelajarannya
Item Type: | Thesis (Doktoral (S3)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Siswa | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S3) | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Apr 2025 01:55 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Apr 2025 01:55 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4188 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year