STRATEGI SANGGAR ASY-SYAUQI DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MAHASISWA PAI PADA PROGRAM TAHSIN AL-QUR’AN DENGAN METODE TUTOR SEBAYA

Downloads

Downloads per month over past year

YUWITA UTAMI, DILLY (2025) STRATEGI SANGGAR ASY-SYAUQI DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MAHASISWA PAI PADA PROGRAM TAHSIN AL-QUR’AN DENGAN METODE TUTOR SEBAYA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (639kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (496kB)
[img] Text
DILLY YUWITA UTAMI_2111210133.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Sanggar Asy- Syauqi dalam meningkatkan partisipasi mahasiswa PAI pada program tahsin Al-Qur’an dengan metode tutor sebaya dan mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi partisipasi mahasiswa PAI pada program tahsin Al-Qur’an dengan metode tutor sebaya yang diterapkan di Sanggar Asy – Syauqi ini. Kajian ini membahas tentang strategi Sanggar Asy- Syauqi dalam meningkatkan partisipasi mahasiswa PAI pada program tahsin Al-Qur’an dengan metode tutor sebaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data, yaitu observasi partisispan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, sajian data (Display data), verifikasi data dan simpulan yang sesuai dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan Sanggar Asy-Syauqi dalam meningkatkan partisipasi mahasiswa PAI pada program tahsin Al-Qur’an dengan metode tutor sebaya ada beberapa cara, seperti: Mensosialisasikan program tahsin AlQur’an, mengumpulkan komti-komti kelas untuk bekerja sama dalam meningkatkan partisipasi teman kelasnya, mengingatkan melalui via grup whatsapp secara online serta bekerja sama dengan Prodi PAI untuk membantu keaktifan mahasiswa PAI pada program tahsin Al-Qur’an. Dan faktor yang mempengaruhi partisipasi mahasiswa PAI pada program tahsin Al-Qur’an dengan metode tutor sebaya ada 2 kategori, yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat partisipasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNasron, Nasron196107291995031001UNSPECIFIED
Thesis advisorRamadlon, Ramadlon196402271991031003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Sanggar Asy-Syauqi, Partisipasi, Tahsin Al-Qur’an dan Tutor Sebaya.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 17 Jun 2025 03:32
Last Modified: 17 Jun 2025 03:32
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4293

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year