LARASATI, IIN (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP TINGKAT TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA PADA SISWA DI SMA N 10 SELUMA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (690kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (776kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (651kB) |
![]() |
Text
IIN LARASATI_2111210078.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
SMA N 10 Seluma merupakan salah satu sekolah di Provinsi Bengkulu yang memiliki siswa dengan latar belakang agama yang beragam, salah satu caraya yang digunakan untuk meminimalisir terjadinya intoleransi, pendidikan tentang nilainilai toleransi antar umat beragama dalam penerapannya seharihari itu perlu, salah satu caranya yaitu dengan pendidikan agama Islam, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam diharapkan mampu membina toleransi, menghormati, dan saling menghargai perbedaan, dan meningkatkan rasa perbedaan tanpa harus mengusik kegahagian orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran pendidikan agama islam terhadap toleransi antar umat beragama pada siswa di SMA N 10 Seluma. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif kausal yaitu menguji hipotesis yang ditetapkan dan untuk mencari pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi yang muslim, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu teknik total sampling. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi,kuisioner,dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam penelitian ini ,bahwa pembelajaran pendidikan agama islam berpengaruh terhadap tingkat toleransi antar umat beragama pada siswa. Hubungan linear yang signifikan antara variabel X dan Y, dengan nilai signifiknsi (sig) xiv untuk parsial effect X dan Y sebesar 0,000 < 0,05, serta nilai thitung sebesar 9,110 > t-tabel sebesar 2,009. Dari situ peneliti mendapatkan hasil bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang menandakan adanya pengaruh dari pembelajaran pendidikan agama islam terhadap tingkat toleransi antar umat beragama pada siswa di SMA N 10 Seluma. Dalam konteks persamaan regresi linear sederhana Y' = a + bX, dapat dinyatakan bahwa variabel X memberikan kontribusi sebesar 69,7% terhadap variabel Y sementara 30,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam model tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Tingkat toleransi pada siswa, Toleransi antar umat beragama, siswa SMA. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jun 2025 03:47 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jun 2025 03:47 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4297 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year