EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PEMAHAMAN MATA PELAJARAN FIQIH MATERI TATA CARA BERWUDHU PADA KELAS I DI MI PLUS NUR RAHMA KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

PUTRI SHABRINA, NADIA (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PEMAHAMAN MATA PELAJARAN FIQIH MATERI TATA CARA BERWUDHU PADA KELAS I DI MI PLUS NUR RAHMA KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (599kB)
[img] Text
SKRIPSI NADIA PUTRI SHABRINA_NIM 2111210011.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas metode demonstrasi dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas I terhadap tata cara wudhu. Observasi awal menunjukkan bahwa banyak siswa belum memahami dan mempraktikkan wudhu dengan benar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitian pre-eksperimental (One-Group Pretest-Posttest Design) dengan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis (pretest-posttest), observasi praktik (pre-praktik-post-praktik), dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, Paired Sample t-Test, dan N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan dalam peningkatan pemahaman siswa setelah penerapan metode demonstrasi, dengan hasil uji statistik p-value 0,000 < 0,05 dan N-Gain Score dalam kategori sedang hingga tinggi. Ini membuktikan bahwa metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan praktik wudhu siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorYumarni, Asmara197108272005012003UNSPECIFIED
Thesis advisoraziz mustamin, Abdul198504292015031007UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas metode demonstrasi dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas I terhadap tata cara wudhu. Observasi awal menunjukkan bahwa banyak siswa belum memahami dan mempraktikkan wudhu dengan benar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitian pre-eksperimental (One-Group Pretest-Posttest Design) dengan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis (pretest-posttest), observasi praktik (pre-praktik-post-praktik), dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, Paired Sample t-Test, dan N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan dalam peningkatan pemahaman siswa setelah penerapan metode demonstrasi, dengan hasil uji statistik p-value 0,000 < 0,05 dan N-Gain Score dalam kategori sedang hingga tinggi. Ini membuktikan bahwa metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan praktik wudhu siswa.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 17 Jun 2025 04:40
Last Modified: 17 Jun 2025 04:40
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4310

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year