PUTRI SHABRINA, NADIA (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PEMAHAMAN MATA PELAJARAN FIQIH MATERI TATA CARA BERWUDHU PADA KELAS I DI MI PLUS NUR RAHMA KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (355kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (599kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI NADIA PUTRI SHABRINA_NIM 2111210011.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas metode demonstrasi dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas I terhadap tata cara wudhu. Observasi awal menunjukkan bahwa banyak siswa belum memahami dan mempraktikkan wudhu dengan benar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitian pre-eksperimental (One-Group Pretest-Posttest Design) dengan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis (pretest-posttest), observasi praktik (pre-praktik-post-praktik), dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, Paired Sample t-Test, dan N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan dalam peningkatan pemahaman siswa setelah penerapan metode demonstrasi, dengan hasil uji statistik p-value 0,000 < 0,05 dan N-Gain Score dalam kategori sedang hingga tinggi. Ini membuktikan bahwa metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan praktik wudhu siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas metode demonstrasi dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas I terhadap tata cara wudhu. Observasi awal menunjukkan bahwa banyak siswa belum memahami dan mempraktikkan wudhu dengan benar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitian pre-eksperimental (One-Group Pretest-Posttest Design) dengan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis (pretest-posttest), observasi praktik (pre-praktik-post-praktik), dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, Paired Sample t-Test, dan N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan dalam peningkatan pemahaman siswa setelah penerapan metode demonstrasi, dengan hasil uji statistik p-value 0,000 < 0,05 dan N-Gain Score dalam kategori sedang hingga tinggi. Ini membuktikan bahwa metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan praktik wudhu siswa. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jun 2025 04:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jun 2025 04:40 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4310 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year