ANGGRAINI, FIKI BELA (2025) DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN GURU TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS ( STUDI PADA TUNAGRAHITA DI SLBN 5 KOTA BENGKULU). Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (804kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FIKI BELA ANGGRAINI NIM 2111320069.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Anak tunagrahita merupakan individu yang memiliki hambatan dalam fungsi intelektual dan adaptif yang berdampak pada kemampuan belajar serta interaksi sosial mereka di lingkungan sekitar. Kondisi ini membuat mereka membutuhkan dukungan sosial yang khusus dari orang-orang terdekat, terutama orang tua dan guru, agar dapat berkembang secara optimal.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk dukungan sosial yang diberikan oleh orang tua dan guru terhadap anak berkebutuhan khusus (Tunagrahita) di SLBN 5 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi. Dari hasil penelitian ditemukan bentuk dukungan sosial yang orang tua dan guru berikan kepada anak tunagrahita yaitu sesuai dengan aspek dukungan sosial. Dukungan sosial yang diberikan orang tua kepada anak tunagrahita meliputi; Dukungan emosional berupa perhatian dan kasih sayang. Dukungan penghargaan melalui pujian dan hadiah. Dukungan instrumental dengan menyediakan kebutuhan fisik dan bantuan nyata, serta Dukungan informasi berupa arahan dan nasihat yang sederhana. Dukungan sosial yang diberikan guru kepada anak tunagrahita meliputi; Dukungan emosional diberikan melalui perhatian, kesabaran, serta sikap ramah dalam berinteraksi, yang membantu anak merasa diterima di lingkungan sekolah. Dukungan penghargaan berupa pujian, motivasi, dan penguatan positif atas usaha maupun hasil belajar anak. Dukungan instrumental guru menyediakan fasilitas belajar yang sesuai dengan kebutuhan anak, seperti media pembelajaran sederhana, alat bantu visual, dan kegiatan praktik yang ix memudahkan pemahaman. Dukungan informasi berupa arahan, saran, nasihat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Dukungan Sosial, Orang tua, Guru, Anak Tunagrahita | ||||||||||||
Subjects: | Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Bimbingan Dan Konseling Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Bimbingan Dan Konseling Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2025 06:38 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Sep 2025 06:38 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4493 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year