NADIA, RISKA (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 02 KEPAHIANG PROVINSI BENGKULU. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (642kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (890kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (670kB) |
![]() |
Text
RISKA NADIA_2323540006.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi dengan keaktifan dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 02 kepahiang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa dengan jumlah sampel 40 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pembelajaran berdiferensiasi dan keaktifan belajar siswa adalah angket, serta dokumentasi digunakan untuk melihat hasil belajar siswa. Uji hipotesis dilakukan dengan rumus serta mendapatkan kesimpulan bahwa pembelajaran berdiferensiasi (X) dengan keaktifan belajar siswa ( memiliki pengaruh 0,461 dengan tingkat keeratan pengaruh pada kategori yang sedang/ cukup. Melalui uji t diketahui, t hitung > t tabel dengan nilai 3,204>1,686, maka hipotesis alternatif diterima, berarti pembelajaran berdiferensiasi memiliki pengaruh dengan keaktifan belajar siswa. Melalui nilai koefisien determinasi dinyatakan bahwa variabel X yaitu pembelajaran berdiferensiasi mempengaruhi variabel yaitu keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI sebesar 21,3% sedangkan sisanya sebesar 78,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Selanjutnya uji hipotesis dengan rumus product moment, pembelajaran berdiferensiasi (X) dengan hasil belajar siswa memiliki pengaruh 0,039 dengan tingkat keeratan pengaruh pada katergori yang sangat rendah/cukup. Melalui uji t diketahui t hitung < t tabel dengan nilai 0,2436<1,6860, maka hipotesis nol diterima, yang berarti pembelajaran berdiferensiasi memiliki pengaruh dengan hasil belajar siswa. Dan melalui nilai koefisien determinasi dinyatakan bahwa variabel X yaitu pembelajaran berdiferensiasi mempengaruhi variabel yaitu hasil belajar siswa sebesar 0,1559% sedangkan sisanya sebesar 99,8440% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran Berdiferensiasi, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2025 08:11 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Sep 2025 08:11 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4510 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year