Rahmawani, Deany Fitri (2025) PEMAHAMAN SISWA TERHADAP ETIKA BERKOMUNIKASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH (STUDI DI MTS AL-IQRO’ KARANG PULAU KECAMATAN PUTRI HIJAU KABUPATEN BENGKULU UTARA). Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (891kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
DEANY FITRI RAHMAWARNI NIM 2011320033.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Etika berkomunikasi merupakan aspek penting dalam interaksi antar siswa, guru, dan tenaga kependidikan lainnya yang mempengaruhi hubungan sosial serta kualitas lingkungan pendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui etika berkomunikasi siswa di lingkungan sekolah di MTs Al-Iqro‟ Karang Pulau. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 17 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hubermen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika berkomunikasi yang baik ditandai dengan penggunaan bahasa yang baik dan benar seperti ketika siswa menyampaikan pertanyaan dengan guru dan cara siswa berdiskusi dengan guru atau temannya, menyesuaikan kondisi pembicaraan saat guru sedang marah atau ketika siswa ingin memotong pembicaraan guru, menaruh rasa hormat kepada guru seperti merespon pertanyaan guru dan mendengarkan perintah atau nasihat guru, mengucapkan dengan penuh keramahan ketika bertemu dengan guru di sekolah maupun diluar sekolah dan mendengarkan dengan penuh perhatian ketika teman sedang bercerita atau sedang berdiskusi di depan kelas. Aspek tersebut berperan penting dalam menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis. Selain itu, kurangnya etika berkomunikasi pada siswa berdampak negatif terhadap kedisiplinan dan hubungan antar individu. Penelitian ini menyarankan agar sekolah secara aktif memberikan pembinaan dan pendidikan etika berkomunikasi melalui program bimbingan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler, guna meningkatkan kualitas interaksi dan mendukung perkembangan karakter siswa. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi sekolah dalam merumuskan kebijakan yang mendukung pengembangan etika berkomunikasi siswa di lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Etika, Komunikasi, dan Siswa | ||||||||||||
Subjects: | Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Bimbingan Dan Konseling Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Bimbingan Dan Konseling Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Sep 2025 03:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Sep 2025 03:40 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4548 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year