PEMAHAMAN SISWA TERHADAP ETIKA BERKOMUNIKASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH (STUDI DI MTS AL-IQRO’ KARANG PULAU KECAMATAN PUTRI HIJAU KABUPATEN BENGKULU UTARA)

Downloads

Downloads per month over past year

Rahmawani, Deany Fitri (2025) PEMAHAMAN SISWA TERHADAP ETIKA BERKOMUNIKASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH (STUDI DI MTS AL-IQRO’ KARANG PULAU KECAMATAN PUTRI HIJAU KABUPATEN BENGKULU UTARA). Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (891kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (240kB)
[img] Text (Skripsi)
DEANY FITRI RAHMAWARNI NIM 2011320033.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Etika berkomunikasi merupakan aspek penting dalam interaksi antar siswa, guru, dan tenaga kependidikan lainnya yang mempengaruhi hubungan sosial serta kualitas lingkungan pendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui etika berkomunikasi siswa di lingkungan sekolah di MTs Al-Iqro‟ Karang Pulau. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 17 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hubermen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika berkomunikasi yang baik ditandai dengan penggunaan bahasa yang baik dan benar seperti ketika siswa menyampaikan pertanyaan dengan guru dan cara siswa berdiskusi dengan guru atau temannya, menyesuaikan kondisi pembicaraan saat guru sedang marah atau ketika siswa ingin memotong pembicaraan guru, menaruh rasa hormat kepada guru seperti merespon pertanyaan guru dan mendengarkan perintah atau nasihat guru, mengucapkan dengan penuh keramahan ketika bertemu dengan guru di sekolah maupun diluar sekolah dan mendengarkan dengan penuh perhatian ketika teman sedang bercerita atau sedang berdiskusi di depan kelas. Aspek tersebut berperan penting dalam menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis. Selain itu, kurangnya etika berkomunikasi pada siswa berdampak negatif terhadap kedisiplinan dan hubungan antar individu. Penelitian ini menyarankan agar sekolah secara aktif memberikan pembinaan dan pendidikan etika berkomunikasi melalui program bimbingan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler, guna meningkatkan kualitas interaksi dan mendukung perkembangan karakter siswa. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi sekolah dalam merumuskan kebijakan yang mendukung pengembangan etika berkomunikasi siswa di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorHardikusuma, Wira198601012011011012UNSPECIFIED
Thesis advisorPasmawati, Hermi198705312015032005UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etika, Komunikasi, dan Siswa
Subjects: Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Bimbingan Dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Bimbingan Dan Konseling Islam
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 03 Sep 2025 03:40
Last Modified: 03 Sep 2025 03:40
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4548

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year