PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP MODERASI BERAGAMA PESERTA DIDIK DI SMPN 25 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

STIAWAN, FITER (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP MODERASI BERAGAMA PESERTA DIDIK DI SMPN 25 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (668kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (490kB)
[img] Text
FITER STIAWAN_2111210154.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk sikap moderasi beragama peserta didik di SMPN 25 Kota Bengkulu. Sudut pandang moderasi beragama sangat penting untuk menciptakan suasana yang damai dan toleran di antara peserta didik, terutama di lingkungan sekolah yang heterogen. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan studi kasus dengan guru PAI, peserta didik, dan kepala atau wakil sekolah sebagai informan utama, metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran guru PAI dalam membentuk sikap moderasi beragama peserta didik di SMPN 25 Kota Bengkulu telah dilaksanakan yaitu Guru PAI telah menjadi pengajar, pembimbing, administrator, mediator dan fasiliator serta evaluator bagi peserta didik sehingga terbentuknya sikap moderasi beragama yang berkomitmen kebangsaan yang bagus, toleransi, anti kekerasan serta akomodasi budaya lokal di dalam maupun luar sekolah dan hambatan yang dihadapi guru PAI dalam membentuk sikap moderasi beragama di SMPN 25 Kota Bengkulu disebabkan oleh faktor internal dan eksternal yaitu Keterbatasan materi ajar yang tidak dapat menjelaskan konsep moderasi beragama secara menyeluruh, detail dan mudah dipahami, Kurangnya minat peserta didik menyangkut tentang moderasi beragama serta kurangnya pemahaman mereka dan peran media sosial. Penelitian ini diharapkan dapat membantu mengembangkan kurikulum dan pendekatan pengajaran yang lebih baik untuk membentuk sikap moderasi beragama di antara peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorWiwinda, Wiwinda197606042001122004UNSPECIFIED
Thesis advisorJelita, Dian199401142019032012UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Sikap Moderasi Beragama, Materi PAI, SMPN 25 Kota Bengkulu.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 08 Sep 2025 02:18
Last Modified: 08 Sep 2025 02:18
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4616

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year