APRIANTO, SINDI (2025) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS VIII SMPN 15 KAUR SKRIPSI. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
SKRIPSI SINDI APRIANTO_2011270053.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
N 15 KAUR Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan Model Pembelajaran Learning Together Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS Di Kelas VIII SMPN 15 Kaur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang di lakukan serta merujuk pada masalah yang ada, maka dapat ditarik kesimpulan yaitu Pelaksanaan Model Pembelajaran Learning Together Dalam Peningkatan Hasil Belajar ini memberikan dan meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Kaur kecamatan Kinal kabupaten Kaur. Yang mana model pembelajaran learning together ini sudah di lakukan oleh guru Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas VIII SMPN 15 Kaur memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar siswa.Pelaksanaan dilakukan bersama dengan siswa yang lainnya melalui tahapan diskusi kelompok dan pemaparan kepada kelompok lain dan setelah pembelajaran dilakukan maka ada evaluasi hasil belajar.Hal ini dapat dilihat tingkat penguasaan siswa terhadap mata pelajaran IPS yang mana tingkat penguasaan siswa sudah mencapai 80% dibadingkan dengan tingkat penguasaan siswa terhadap mata pelajaran IPSsebelum diterapkannya learning together yang mana tingkat pengusaaan siswa terhadap mata pelajaran IPS hanya 60%. Dukungan penuh dari manajemen sekolah merupakan elemen krusial, mencakup penyediaan fasilitas sumber daya, dan kebujakan yang mendukung. Dengan adanya dukungan ini sekolah dapat memenuhi kebutuhan pendidikan secara efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | :Pelaksanaan, Model Pembelajaran, Learning Together | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Sep 2025 03:50 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:50 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4780 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year