Kartika, Dea (2025) PENGARUH MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV DI MI NURUL HUDA KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (403kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (655kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Skripsi)
SKRIPSI DEA KARTIKA_2111240026.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media Augmented Reality terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV di MI Nurul Huda Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian Quasy Experiment dengan jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Nurul Huda Kota Bengkulu. Sampelnya adalah siswa kelas IVC sebagai kelas eksperimen dan siswa Kelas IVA sebagai kelas kontrol yang diperoleh melalui teknik sampel Cluster Random Sampling. Teknik yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pretest dan posttest yang dibuat ke dalam soal pilihan ganda yang berjumlah 10 soal. Hasil uji data pretest siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa thitung adalah - 1,465 dan nilai Sig.(2-tailed) 0,149 serta distribusi ttabel dengan taraf signifikansi 0,05 adalah 1,673, sehingga thitung < ttabel dengan nilai thitung berjumlah (-1,465) dan nilai ttabel berjumlah (1,673) dan nilai Sig.(2-tailed) berjumlah (0,149) dimana lebih besar dari taraf signifikansi yang berjumlah (0,05), sehingga tidak adanya perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar. Hasil uji hipotesis data posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa thitung adalah 3,765 dan nilai Sig.(2-tailed) 0,000 serta distribusi ttabel dengan taraf signifikansi 0,05 adalah 1,673, sehingga thitung > ttabel dengan nilai thitung yang berjumlah (3,765) dan nilai ttabel yang berjumlah (1,673) dan Sig.(2-tailed) berjumlah (0,000) dimana lebih kecil dari taraf signifikansi yang berjumlah (0,05), dapat ditarik kesimpulan data tersebut menunjukkan adanya perbedaan nilai rata-rata yang signifikan dan terdapat pengaruh dari media Augmented Reality terhadap hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | IPA, Hasil belajar, Media Augmented Reality, Penampakkan alam. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2025 01:29 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2025 01:29 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5043 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year