THE STUDENT'S PERCEPTION OF USING CHATGPT TOWARDS ENGLISH LANGUAGE LEARNING (A Study at Fourth Semester Students of Social Sciences Study UINFAS Bengkulu)

Downloads

Downloads per month over past year

Ulum A, Mohammad Hakamul (2025) THE STUDENT'S PERCEPTION OF USING CHATGPT TOWARDS ENGLISH LANGUAGE LEARNING (A Study at Fourth Semester Students of Social Sciences Study UINFAS Bengkulu). Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (369kB)
[img] Text (Skripsi)
Mohammad Hakamul Ulum A._2111230004.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji persepsi mahasiswa terhadap penggunaan ChatGPT untuk pembelajaran bahasa Inggris di kalangan mahasiswa semester IV Ilmu Sosial UINFAS Bengkulu. Studi ini menanggapi kekhawatiran mengenai peran ChatGPT dalam konteks akademik, termasuk dampaknya terhadap otonomi belajar, pemikiran kritis, dan penggunaan etis. Dengan metode kualitatif deskriptif dalam kerangka UTAUT2, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan sepuluh partisipan terpilih melalui purposive sampling. Temuan mengungkapkan bahwa siswa memandang ChatGPT terutama sebagai alat efisiensi transaksional untuk pemerolehan kosakata, penerjemahan, dan penyelesaian tugas. Meski menyadari keterbatasan seperti ketidakakuratan output (dilaporkan 90% responden) dan risiko terhadap kreativitas (diakui 70%), adopsi pragmatis tetap terjadi karena kemudahan akses dan kegunaannya. Faktor kunci yang memengaruhi penggunaan mencakup harapan kinerja, pengaruh teman sebaya, dan motivasi hedonis, meskipun panduan institusional masih absen. Studi menyimpulkan bahwa meskipun ChatGPT mendemokratisasi akses dukungan belajar, penggunaan tanpa regulasi berisiko menumbuhkan ketergantungan pasif. Rekomendasi meliputi pengembangan kerangka pedagogis terintegrasi AI, promosi literasi digital kritis, dan penetapan kebijakan institusional untuk menyeimbangkan utilitas teknologi dengan integritas akademik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZasrianita, Fera19790217209122003UNSPECIFIED
Thesis advisorFebriani, Hanura199002142020122004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ChatGPT, Persepsi Mahasiswa, Pembelajaran Bahasa Inggris, UTAUT2, Studi Kualitatif
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 15 Sep 2025 01:55
Last Modified: 15 Sep 2025 01:55
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5054

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year