DINATA, SUMARTA (2025) PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP INTELEKTUAL ANAK DI MIS MIFTAHUL JANNAH DESA KARANG ANYAR KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (407kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (575kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (472kB) |
![]() |
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI FUL SUMARTA DINATA NIM 2111240142 NEW.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media poster mempengaruhi perkembangan intelektual atau kecerdasan IQ anak di MIS Miftahul Jannah, khususnya siswa kelas IV di Desa Karang Anyar, Kabupaten Musi Rawas Utara, dengan latar belakang minimnya media pembelajaran yang tersedia di sekolah yang dapat menghambat proses belajar mengajar dan perkembangan kognitif siswa. Untuk mengatasi masalah ini, Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan kuantitatif, dilakukan pada Januari - Februari 2025, dengan sampel yang mencakup seluruh siswa kelas IV berjumlah 17 orang, sehingga hasil yang diperoleh diharapkan dapat mewakili kondisi di kelas tersebut. Teknik pengumpulan data mengunkan kuesioner, pencatatan, dan observasi adalah beberapa metode yang digunakan, dan dirancang untuk mendapatkan persepsi siswa tentang efektivitas media poster dalam proses pembelajaran, dan regresi linier sederhana kemudian digunakan untuk mengevaluasi data yang dikumpulkan dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil analisis menunjukkan adanya korelasi positif yang kuat antara penggunaan media poster dan perkembangan intelektual anak, dengan koefisien korelasi sebesar 0,317, yang berarti media poster berkontribusi sebesar 31,7% terhadap peningkatan kecerdasan IQ anak, sementara 68,3% dipengaruhi oleh faktor tambahan yang mungkin tidak diukur dalam penelitian ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media poster dapat meningkatkan kecerdasan IQ anak di sekolah tersebut, memberikan wawasan penting bagi pendidik dan pengelola sekolah dalam mengembangkan strategi pengajaran yang lebih menarik dan efektif, serta mendorong mereka untuk mempertimbangkan penggunaan media visual yang inovatif dalam proses pendidikan. Oleh karena itu, Diharapkan bahwa penelitian ini akan menjadi panduan untuk penyelidikan masa depan dan pembuatan kurikulum yang lebih peka terhadap kebutuhan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media poster, Intelektal anak | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2025 02:15 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2025 02:15 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5060 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year