SAGITA PUTRI, WINA (2025) PERAN LITERASI BACA TULIS DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA DI SDN 56 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
WINA SAGITA PUTRI_2111240120.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelangi oleh rendahnya minat membaca siswa di SDN 56 Kota Bengkulu sehingga kegitan membaca dan menulis diterapkan di SDN 56 Kota Bengkulu. Dengan adanya kegiatan literasi baca tulis ini diharapkan dapat menumbuhkan minat membaca siswa. Kegiatan literasi baca tulis di SDN 56 Kota Bengkulu dapat dikatakan berjalan dengan baik. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai literasi baca tulis di SDN 56 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk Mengeksplorasi Peran literasi baca tulis dalam menumbuhkan minat baca siswa di SDN 56 Kota Bengkulu, Faktor yang mempengaruhi rendahnya minat baca siswa di SDN 56 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.sumber informasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas dan siswa. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran literasi baca tulis dalam menumbuhkan minat baca siswa di SDN 56 Kota Bengkulu yaitu, dengan adanya Pojok Baca didalam kelas dapat meningkatkan siswa dalam belajar terutama dalam hal membaca, dengan adanya literasi baca tulis siswa yang selama ini kurang suka membaca jadi bersemangat dalam membaca dan dengan adanya literasi dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa sehingga siswa semakin lancar dalam membaca sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dan dengan adanya literasi baca tulis siswa dapat memahami, mengolah serta menyampikan ide dengan dengan jelas baik secara tertulis ataupun secara lisan. Sedangkan faktor yang mempengaruhi minat baca siswa di SDN 56 Kota Bengkulu yaitu adanya Faktor dari dalam diri siswa yaitu ketidaksukaan serta rasa malas siswa dalam membaca, faktor dari luar yaitu perkembagan teknologi yang semakin canggih dan faktor lingkungan yaitu kurangnya tenaga pepustakaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Literasi Baca Tulis, Minat Baca | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2025 03:03 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2025 03:03 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5075 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year