EFEKTIVITAS PEMISAHAN KELAS PESERTA DIDIK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN TERHADAP TINGKAT Self Concept DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus SMP IT Khairunnas Kota Bengkulu)

Afifah, Nur (2023) EFEKTIVITAS PEMISAHAN KELAS PESERTA DIDIK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN TERHADAP TINGKAT Self Concept DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus SMP IT Khairunnas Kota Bengkulu). Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
NUR AFIFAH.pdf

Download (14MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta merupakan suatu dasar atau pondasi dalam memperoleh kehidupan yang baik. Namun hal yang menarik juga terdapat dalam sekolah�sekolah tertentu yang menerapkan sistem pemisahan kelas antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. Pemisahan kelas bertujuan agar siswa dapat menjaga pergaulan siswa dengan lawan jenis sehingga mereka dapat lebih fokus dalam belajar. Self Concept adalah suatu sikap untuk percaya diri dan keyakinan mengenai kelemahan dan kelebihan yang ada pada diri sendiri dan membentuk karakteristik melalui presepsi dan interpretasi akan dirinya sendiri dan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemisahan kelas antara peserta didik laki-laki dan perempuan terhadap tingkat Self Concept dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan sumber data diperoleh dari hasil observasi dan angket yang berkaitan dengan efektivitas pemisahan kelas dan Self Concept. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, berdasarkan analisis data beserta interpretasinya, maka ditemukan hasil Pada hasil uji perhitungan hipotesis yang ditemukan dalam efektivitas pemisahan kelas peserta didik laki-laki bahwa 4.95 > 2.33, sehingga hipotesis alternatif Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa variabel X1 berpengaruh positif terhadap variabel Y. Ini berarti bahwa thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya, terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel independen terhadap variabel dependent. pada penelitian ini Ha diterima (terdapat pengaruh yang signifikan antara efektivitas pemisahan kelas peserta didik laki-laki terhadap tingkat self concept) dan Ho pada penelitian ini ditolak (tidak terdapat xii pengaruh yang signifikan antara efektivitas pemisahan kelas peserta didik laki-laki terhadap tingkat self concept). Pada hasil uji perhitungan hipotesis yang ditemukan dalam efektivitas pemisahan kelas peserta didik perempuan bahwa – 1.85 < 2.33, sehingga hipotesis alternatif Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa variabel X2 tidak berpengaruh positif terhadap variabel Y. Ini berarti bahwa thitung < ttabel maka Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya, tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel independen terhadap variabel dependent. Hal ini dapat diartikan bahwa Ho diterima (terdapat pengaruh yang signifikan dalam efektivitas pemisahan kelas peserta didik perempuan terhadap tingkat self concept) dan Ha pada penelitian ini ditolak (tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara efektivitas pemisahan kelas peserta didik perempuan terhadap tingkat self concept)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMulyadi, Mus197005142000031004UNSPECIFIED
Thesis advisorSaepudin, M.Si196802051997031002UNSPECIFIED
Additional Information: Dr. Mus Mulyadi, M.Pd pembimbing I Saepudin, S.Ag, M.Si pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pendidikan, Pemisahan Kelas Peserta Didik, Self�Concep
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:15
Last Modified: 19 Jun 2023 03:15
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/511

Actions (login required)

View Item View Item