PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN BEBAS TERMODIFIKASI DAN EKSPERIMEN TERBIMBING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 16 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

ANINGRUM, TIAS DWI SEPTI (2025) PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN BEBAS TERMODIFIKASI DAN EKSPERIMEN TERBIMBING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 16 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (435kB)
[img] Text (Skripsi)
TIAS DWI SEPTIANINGRUM_2011260007.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran keterampilan proses sains dengan eksperimen bebas termodifikasi dan eksperimen terbimbing ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 16 Kota Bengkulu Menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 16 Kota Bengkulu. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik Cluster Random Sampling yang terdiri dari dua kelas. Kelas eksperimen pertama (A) mendapatkan perlakuan dengan pendekatan keterampilan proses sains metode eksperimen bebas termodifikasi dan kelas eksperimen kedua(B) mendapatkan perlakuan dengan pendekatan keterampilan proses sains metode eksperimen terbimbing. Pengumpulan data menggunakan teknik tes angket untuk melihat motivasi belajar, lembar observasi untuk penilaian afektif. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan analisis variansi tiga jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan : Bahwa Pendekatan keterampilan proses sains dengan metode eksperimen berpengaruh terhadap motivasi belajar IPA yang signifikan antara eksperimen bebas termodifikasi dan eksperimen terbimbing. Berdasarkan dari data yang diperoleh dikelompokkan dalam 2 kategori yaitu motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah siswa di kelas eksperimen bebas termodifikasi memiliki rata – rata skor 44,12 lebih rendah dibandingkan kelas eksperimen terbimbing yang mencapai rata – rata skor 52,94. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari metode eksperimen terbimbing lebih efektif dibandingkan dengan metode eksperimen bebas termodifikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZulkarnain, Zulkarnain198411152023211010UNSPECIFIED
Thesis advisorYunilarosi, elvida Sari2029069103UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Keterampilan Proses Sains, Metode Eksperimen, Motivasi Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 16 Sep 2025 03:34
Last Modified: 16 Sep 2025 03:34
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5145

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year