PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV A DI MIN 2 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

MELSY, MELANI VIONA (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV A DI MIN 2 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (482kB)
[img] Text (Skripsi)
MELANI VIONA MELSY_2111240062.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV A di MIN 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran berdiferensiasi pada hasil belajar IPAS siswa kelas IV A di MIN 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian menggunakan pre experimental one group pretest posttest, dengan jumlah sampel sebanyak 34 siswa dari kelas IV A. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, angket, dokumentasi dan observasi. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa, dan angket digunakan untuk mengukur pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran berdiferensiasi dalam peningkatan hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran IPAS. Hal tersebut berdasarkan hasil ouput uji t-test hasil belajar menunjukkan nilai Sig 0,000 < 0,05 maka, Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil perhitungan uji t-test angket pembelajaran berdiferensiasi menunjukan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan t hitung = 24,174 dan t tabel = 2,034 sehingga t hitung > t tabel. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IVA di MIN 2 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorRamedlon, Ramedlon196402271991021003UNSPECIFIED
Thesis advisorKhosi'in, Khosi'in198807102019031004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar, IPAS
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 16 Sep 2025 03:43
Last Modified: 16 Sep 2025 03:43
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5149

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year