PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DI TK NEGERI PEMBINA 1 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

PASARIBU, DERLIANA (2025) PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DI TK NEGERI PEMBINA 1 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (549kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (403kB)
[img] Text (Skripsi)
DERLIANA PASARIBU_2111250048.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi bagaimana penggunaan media wayang (boneka kulit) sebagai alat bercerita berdampak pada kemampuan berbahasa anak-anak di TK Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Wayang Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak. Pendekatan kuantitatif dengan metode quasy experiment digunakan, secara spesifik dengan desain kelompok nonequivalent pretest-posttest. Partisipan penelitian adalah anak-anak berusia 5-6 tahun, yang terdiri dari 10 anak pada kelompok kontrol dan 10 anak pada kelompok eksperimen. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih partisipan.. uji Hipotesis Menggunakan Uji Independn sampel test menunjukkan pada Pretest sebesar 0,943 > 0,05 yang menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan berbahasa awal antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hal ini berarti kedua kelompok berada pada kondisi yang setara sebelum diberikan perlakuan. Selajutnya, hasil uji pada Posttest menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah perlakuan. Rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen (66,20) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (44,10)’ dengan selisih sebesar 22,10 poin. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media wayang dalam kegiatan bercerita secara signifikan dan positif meningkatkan kemampuan berbahasa anak-anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAsiyah, Asiyah196510272003122001UNSPECIFIED
Thesis advisorUlum, Bakhrul198005072023211016UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita, Media Wayang, Kemampuan Berbahasa
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 24 Sep 2025 01:46
Last Modified: 24 Sep 2025 01:46
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5380

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year