IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BERBASIS P5PPRA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTSN 1 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

FAIKERGANDA, YOGA (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BERBASIS P5PPRA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTSN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN_YOGA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (542kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (597kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (546kB)
[img] Text (Skripsi)
YOGA FAIKERGANDA_2111210140_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5PPRA) pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 1 Kota Bengkulu. Kurikulum Merdeka hadir sebagai upaya transformasi pendidikan yang menekankan pada pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik secara utuh, selaras dengan nilai-nilai Pancasila dan ajaran Islam yang rahmatan lil ‘alamin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru mata pelajaran Akidah Akhlak, waka bidang kurikulum, dan peserta didik kelas VIID. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka berbasis P5PPRA dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN 1 Kota Bengkulu sudah berjalan dengan baik meskipun masih menghadapi beberapa kendala. Guru telah merancang pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dan Islam dalam materi serta aktivitas pembelajaran. Nilai-nilai seperti keimanan, toleransi, kejujuran, dan tanggung jawab ditekankan secara kontekstual melalui pendekatan yang menyenangkan dan partisipatif. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu dalam pelaksanaan, karena pada hakikatnya dalam pembentukan karakter dari guru ke peserta didik membutuhkan waktu yang cukup lama. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan berkelanjutan bagi guru dan pengembangan media pembelajaran yang mendukung penguatan nilai-nilai PPRA agar implementasi Kurikulum Merdeka dapat berjalan lebih optima

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNasron, Nasron1961072919950310001UNSPECIFIED
Thesis advisorjulita, Dian199401111420019032012UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, P5PPRA
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 24 Sep 2025 03:28
Last Modified: 24 Sep 2025 03:28
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5404

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year