FAIKERGANDA, YOGA (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BERBASIS P5PPRA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTSN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN_YOGA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (542kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (597kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (546kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
YOGA FAIKERGANDA_2111210140_compressed.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5PPRA) pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 1 Kota Bengkulu. Kurikulum Merdeka hadir sebagai upaya transformasi pendidikan yang menekankan pada pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik secara utuh, selaras dengan nilai-nilai Pancasila dan ajaran Islam yang rahmatan lil ‘alamin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru mata pelajaran Akidah Akhlak, waka bidang kurikulum, dan peserta didik kelas VIID. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka berbasis P5PPRA dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN 1 Kota Bengkulu sudah berjalan dengan baik meskipun masih menghadapi beberapa kendala. Guru telah merancang pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dan Islam dalam materi serta aktivitas pembelajaran. Nilai-nilai seperti keimanan, toleransi, kejujuran, dan tanggung jawab ditekankan secara kontekstual melalui pendekatan yang menyenangkan dan partisipatif. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu dalam pelaksanaan, karena pada hakikatnya dalam pembentukan karakter dari guru ke peserta didik membutuhkan waktu yang cukup lama. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan berkelanjutan bagi guru dan pengembangan media pembelajaran yang mendukung penguatan nilai-nilai PPRA agar implementasi Kurikulum Merdeka dapat berjalan lebih optima
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, P5PPRA | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Sep 2025 03:28 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Sep 2025 03:28 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5404 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year