PENGARUH PENGUNAAN MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMPN 5 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Yuliani, Revi (2025) PENGARUH PENGUNAAN MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMPN 5 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
REVI YULIANI_2011280036.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan representasi matematis dan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya penguasaan representasi dan komunikasi matematis dalam proses pembelajaran yang bermakna serta masih rendahnya kemampuan siswa dalam dua aspek tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu (quasi experiment), di mana dua kelas dipilih secara acak sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMPN 5 Kota Bengkulu tahun ajaran 2024/2025. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian yang terdiri dari indikator representasi visual, simbolik, verbal, dan indikator komunikasi tertulis maupun visual. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan model Problem Solving terhadap peningkatan kemampuan representasi dan komunikasi matematis siswa. Hal ini dibuktikan melalui uji regresi linear sederhana dan uji t yang menghasilkan nilai signifikansi di bawah 0,05. Dengan demikian, pembelajaran berbasis Problem Solving dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorLubis, Mawardi1976112242006041002UNSPECIFIED
Thesis advisorSyafri, Fatrima Santri1988031922015032003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problem Solving, Representasi Matematis, Komunikasi Matematis, Pembelajaran Matematika
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 02 Oct 2025 08:47
Last Modified: 02 Oct 2025 08:47
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5687

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year