FARHAN, MUHAMMAD (2025) STRATEGI BENGKULU EKSPRESS DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI SEBAGAI MEDIA LOKAL BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text (SKRIPSI)
MUHAMMAD FARHAN_20113100037.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Adanya perubahan pola konsumsi media yang ditandai dengan menurunnya jumlah penonton televisi konvensional dan meningkatnya penggunaan media sosial mendorong BETV untuk beradaptasi dengan memanfaatkan platform digital. BETV menggunakan sosial media seperti, Facebook, Instagram, YouTube, dan TikTok sebagai sarana distribusi informasi, promosi, interaksi, serta penguatan citra sebagai media lokal. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi BETV dalam mempertahankan eksistensi dan langkah-langkah apa yang dilakukan BETV agar tetap eksis sebagai media lokal Bengkulu. Peneliti menggunakan konsep Puntoadi yang menekankan empat aspek penting dalam strategi media sosial, yaitu Personal branding, Promosi digital, Interaksi audiens, dan Konten viral. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi BETV dalam mempertahankan eksistensinya diwujudkan melalui konsistensi dalam membangun personal branding sebagai media lokal yang informatif dan dekat dengan masyarakat, memanfaatkan media sosial untuk promosi digital, menjalin interaksi aktif dengan audiens melalui komentar, live streaming, dan respons terhadap masukan, serta menciptakan konten viral yang relevan dengan isu lokal dan tren digital. Strategi ini membuat BETV mampu bertahan dan memperkuat eksistensinya di tengah persaingan media lokal maupun nasional.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Strategi, Media Sosial, Puntoadi, Bengkulu Ekspress TV | ||||||||||||
| Subjects: | Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Komunikasi Dan Penyiaran Islam | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Komunikasi Dan Penyiaran Islam | ||||||||||||
| Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
| Date Deposited: | 06 Oct 2025 04:06 | ||||||||||||
| Last Modified: | 06 Oct 2025 04:06 | ||||||||||||
| URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5787 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year
Download Statistics
Download Statistics